PENGARUH LABEL HALAL, CITRA PRODUK DAN HARGA DALAM KERAGAMAN KOSMETIK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DALAM PERSPEKTIF BISNIS SYARIAH (Studi Pada Ririnis Shop Bandar Lampung)

APRILIA, RATNA NINGSIH (2022) PENGARUH LABEL HALAL, CITRA PRODUK DAN HARGA DALAM KERAGAMAN KOSMETIK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DALAM PERSPEKTIF BISNIS SYARIAH (Studi Pada Ririnis Shop Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1- bab2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of skripsi aprilia full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan bisnis pada sektor kecantikan atau kosmetik berkembang pesat, banyak merek produk-produk baru yang bermunculan, baik produk dalam negeri ataupun produk luar negeri. Kebutuhan setiap individu berbeda-beda, terutama kebutuhan para kaum wanita. Kebutuhan manusia khususnya wanita saat ini tidak lepas dari produk kecantikan terutama kosmetik untuk menunjang penampilan agar tampil lebih menarik dan percaya diri dengan menggunakan berbagai varian kosmetik. Inovasi produk kosmetik dilakukan oleh produsen untuk memperoleh kepercayaan konsumen terhadap produk seiring banyak beredarnya kosmetik palsu dipasaran. Rumusan masalah penelitian ini apakah terdapat pengaruh antara label halal citra produk, dan harga secara parsial dan simultan tehadap minat beli konsumen? Tujuan dari penelitian ini untuk menguji pengaruh label halal, citra produk, dan harga terhadap minat beli konsumen secara parsial dan simultan, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa perspektif bisnis Syariah terhadap label halal, citra produk, dan harga pada produk kosmetik. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner yang menggunakan skala likert. Teknik sampling yang digunakan adalah accidental sampling, total sampel sebanyak 100 responden. Data diolah dengan menggunakan SPSS 25. Uji analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, uji linier berganda, uji t, uji f, dan uji koefisien determinan (R2 ). Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial atau individu masing masing variabel X1, X2, dan X3 berpengaruh terhadap Y, dengan nilai thitung pada variabel X1 lebih besar dari nilai ttabel (3,385 > 1,985) atau nilai sig < α (0,001 < 0,05), X2 menunjukkan nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (3,555 > 1,985) atau nilai sig < α (0,001 < 0,05), dan X3 nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (4,541 > 1,985) atau nilai sig < α (0,000 < 0,05), yang berarti masing-masing variabel secara individu berpengaruh terhadap minat beli konsumen. Sedangkan secara simultan atau bersama-sama variabel label halal (X1), citra produk (X2), dan harga (X3) berpengaruh terhadap minat beli konsumen (Y) produk iv kosmetik pada toko Ririnis Shop, dengan diperolehnya nilai signifikansi untuk pengaruh X1, X2, dan X3 secara simultan terhadap Y adalah 0,000 < 0,05 dan nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel (62,741 > 2,70). Berdasarkan data analisis menyatakan bahwa label halal, citra produk, dan harga secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen produk kosmetik di toko Ririnis Shop Bandar Lampung dalam perspektif bisnis syariah. Kata kunci: Label Halal, Citra Produk, Harga, minat beli. v ABSTRACT Business development in the beauty or cosmetic sector is growing rapidly, many new product brands have sprung up, both domestic products and foreign products. The needs of each individual are different, especially the needs of women. Human needs, especially women today can not be separated from beauty products, especially cosmetics to support appearance to appear more attractive and confident by using various cosmetic variants. Cosmetic product innovation is carried out by manufacturers to gain consumer confidence in the product as there are many fake cosmetics circulating in the market. The formulation of the research problem is there any influence between the halal label, product image, and price partially and simultaneously on consumer buying interest? The purpose of this study was to examine the effect of halal label, product image, and price on consumer buying interest partially and simultaneously. This study uses quantitative research with data collection methods used in this study is a questionnaire that uses a Likert scale. The sampling technique used is accidental sampling, with a total sample of 100 respondents. The data were processed using SPSS 25. The data analysis tests used in this study were validity test, reliability test, normality test, multicollinearity test, heteroscedasticity test, multiple linear test, t test, f test, and determinant coefficient test (R2). The results of this study indicate that partially or individually each variable X1, X2, and X3 has an effect on Y, with the tcount value on the X1 variable greater than the ttable value (3.385 > 1.985) or the sig value < α (0.001 < 0.05), X2 shows the tcount value is greater than the ttable value (3.555 > 1.985) or the sig < α (0.001 < 0.05), and X3 the tcount value is greater than the ttable value (4.541 > 1.985) or the sig value < α (0.000 < 0 0.05), which means that each variable individually has an effect on consumer buying interest. Meanwhile, simultaneously or together, the halal label variable (X1), product image (X2), and price (X3) affect consumer buying interest (Y) for cosmetic products at the Ririnis Shop store, with a significance value obtained for the effect of X1, X2, and X3 simultaneously with respect to Y is 0.000 < 0.05 and the value of Fcount is greater than Ftable (62.741 > 2.70). Based on the analysis data, it is stated that the halal label, product image, and price vi partially and simultaneously have a positive and significant effect on consumer buying interest in cosmetic products at the Ririnis Shop Bandar Lampung store in a sharia business perspective. Keywords: Halal Label, Product Image, Price, buying interest.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Feb 2022 03:02
Last Modified: 14 Feb 2022 03:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17542

Actions (login required)

View Item View Item