PENGARUH FLOW EXPERIENCE TERHADAP IMPULSE BUYING DENGAN PROMOSI SEBAGAI MODERASI DALAM BISNIS ISLAM (Studi kasus pada pengguna aplikasi shopee di Lampung)

LAILA, IFTI FAIYAH (2022) PENGARUH FLOW EXPERIENCE TERHADAP IMPULSE BUYING DENGAN PROMOSI SEBAGAI MODERASI DALAM BISNIS ISLAM (Studi kasus pada pengguna aplikasi shopee di Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (462kB)
[thumbnail of SKRIPSI LAILA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Selama masa pandemi covid-19 perekonomian mengalami penurunan, namun berbeda dengan e-commerce yang terus mengalami peningkatan penjualan. Peningkatan penjualan produk dipengaruhi oleh promosi yang dilakukan oleh perusahaan. Salah satu e-commerce di indonesia adalah aplikasi shopee. Shopee merupakan aplikasi e�commerce dengan kunjungan tertinggi selama tahun 2020 yaitu 129 juta kunjungan. Selama masa pandemi covid-19 masyarakat menghabiskan lebih banyak waktu menggunakan internet sehingga memicu terjadinya flow experience. Kondisi dimana seseorang fokus terhadap aktivitas mereka dan mengabaikan lingkungan sekitar. Perilaku konsumsi masyarakat saat ini cenderung mengarah pada perilaku irasional yaitu aku belanja maka aku ada. Impulse buying atau pembelian tidak terencana sudah tidak asing untuk dilakukan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, apakah flow experience berpengaruh secara parsial terhadap impulse buying, apakah promosi memoderasi hubungan antara flow experience dan impulse buying dan bagaimana flow experience, impulse buying dan promosi dalam perspektif bisnis syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada pengguna aplikasi shopee di provinsi lampung. sampel dalam penelitian ini adalah 80 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Metode analisis data menggunakan SEM (Structural equation modeling) dengan menggunakan Partial Least Square (PLS) dan pengolahan data dilakukan menggunakan software SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukan bahwa hipotesis didukung, yaitu semakin tinggi seseorang melakukan flow experience (X) maka semakin tinggi kemungkinan terjadinya impulse buying (Y). Promosi memoderasi hubungan antara flow experience dan impulse buying artinya semakin banyak promosi yang ditemukan sesoorang saat flow experience maka mendorong untuk terjadinya impluse buying. Kata kunci : flow experience, impulse buying dan promosi iv ABSTRACT During the COVID-19 pandemic, the economy experienced a decline, but in contrast to e-commerce, which continued to increase in sales. The increase in product sales is influenced by promotions carried out by the company. One of the e-commerce in Indonesia is the Shopee application. Shopee is the e-commerce application with the highest visits during 2020, which is 129 million visits. During the COVID-19 pandemic, people spent more time using the internet, triggering a flow experience. A condition in which a person focuses on their activities and ignores the surrounding environment. The consumption behavior of today's society tends to lead to irrational behavior, namely I shop so I exist. Impulse buying or unplanned purchases are no strangers to doing. The formulation of the problem in this study is whether flow experience has a partial effect on impulse buying, whether promotion moderates the relationship between flow experience and impulse buying and how is flow experience, impulse buying and promotion in a sharia business perspective. This study uses a quantitative approach. This research was conducted on shopee application users in the province of Lampung. The sample in this study was 80 respondents. Sampling was done by purposive sampling. The data analysis method uses SEM (Structural equation modeling) using Partial Least Square (PLS) and data processing is carried out using SmartPLS3 software. The results show that the hypothesis is supported, namely the higher a person performs flow experience (X), the higher the probability of impulse buying (Y). Promotion moderates the relationship between flow experience and impulse buying, meaning that the more promotions someone finds during the flow experience, the more impulse buying occurs. Keywords: flow experience, impulse buying and promotion

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Feb 2022 06:48
Last Modified: 03 Feb 2022 06:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17521

Actions (login required)

View Item View Item