PENGARUH PREFERENSI WISATAWAN TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG KE OBJEK WISATA DI SUKADANAHAM PADA MASA PANDEMI COVID – 19 DALAM PERSPEKTIF BISNIS SYARIAH (Studi pada wisatawan yang berkunjung ke Puncak Mas)

ANNISA, EGALEONITA KELANA (2022) PENGARUH PREFERENSI WISATAWAN TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG KE OBJEK WISATA DI SUKADANAHAM PADA MASA PANDEMI COVID – 19 DALAM PERSPEKTIF BISNIS SYARIAH (Studi pada wisatawan yang berkunjung ke Puncak Mas). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1- bab 2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI ANNISA EGALEONITA KELANA FIX.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Sejak awal tahun 2020 Indonesia digemparkan oleh wabah virus corona atau Covid – 19. Dampak dari wabah ini tidak diragunakan lagi akan sangat terasa diseluruh rantai nilai pariwisata di Indonesia tidak terkecuali sektor pariwisata di Sukadanaham. Kegiatan pariwisata di Sukadanaham pada masa pandemi ini harus mampu beradaptasi terhadap semua tuntutan perubahan dengan selalu mendengar suara dari berbagai pihak yang berkepentingan khususnya wisatawan yang memiliki preferensi yang berbeda dalam memilih objek – objek wisata yang akan dikunjungi. Standar pengelolaan wisata dalam masa pandemi Covid – 19 adalah hal yang menjadi sorotan penting dalam preferensi wisatawan yang akan memepengaruhi keputusan berkunjung. Wisatawan menentukan keputusan berkunjung berdasarkan kebutuhan dan keinginan dari masing-masing wisatawan yang mempertimbangkan preferensi hasil dari informasi dan pengalaman wisatawan. Adapun objek penelitian ini adalah wisatawan yang berkunjung objek wisata Puncak Mas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh preferensi wisatawan terhadap keputusan berkunjung serta pandangannya dalam bisnis syariah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan sifat penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan yang mengunjungi objek wisata Puncak Mas. Sampel yang dilakukan menggunakan teknik accidental sampling dengan sampel 100 responden. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji autokorelasi. Uji hipotesis menggunakan uji analisis linear sederhana dan uji T. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan IBM SPSS versi 25. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa berdasarkan hasil uji T dapat diketahui nilai signifikan X preferensi wisatawan terhadap Y keputusan berkunjung sebesar 0,000 < 0,005 atau nilai t-hitung sebesar 9,546 lebih besar dari t-tabel sebesar 1,984. Hasil analisis tersebut menunjukan bahwa H1 dapat diterima sehingga variabel preferensi wisatawan (X) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan berkunjung (Y) pada masa pandemi Covid – 19. Hal ini mengindikasikan bahwa preferensi wisatawan memiliki pengaruh yang positif dalam menentukan prioritas untuk ii memberikan keputusan berkunjung ke objek wisata Puncak Mas pada masa pandemi Covid – 19. Berdasarkan tinjauan perspektif bisnis syariah dalam suatu objek wisata harus bisa mengikuti aturan – aturan dan ajaran islam agar semuanya dapat berjalan dengan baik. Objek wisata Puncak Mas memberikan fasilitas, kenyamanan dan pelayanan sesuai dengan syariat Islam, yang artinya bahwa objek wisata Puncak Mas termasuk dalam kategori wisata halal. Kata Kunci: Preferensi, Keputusan Berkunjung, Covid - 19 iii ABSTRACT Since the beginning of 2020, Indonesia has been shaken by the corona virus outbreak or Covid-19. The impact of the Covid-19 outbreak will no longer be used and will be felt throughout the tourism value chain in Indonesia, including the tourism sector in Sukadanaham. Tourism activities in Sukadanaham during this pandemic must be able to adapt to all the demands of change by always hearing the voices of various interested parties, especially tourists who have different preferences in choosing tourist objects to be visited. The standard of tourism management during the Covid-19 pandemic is an important spotlight in tourist preferences which will influence the decision to visit. Tourists determine visiting decisions based on the needs and desires of each tourist who considers preferences resulting from tourist information and experiences. The object of this research is tourists who visit Puncak Mas tourist attraction. This study aims to determine the effect of tourist preferences on visiting decisions and their views on sharia business. This type of research is a quantitative research with the nature of this research is quantitative descriptive. Collecting data using a questionnaire method that has been tested for validity and reliability. The population in this study are tourists who visit Puncak Mas tourist attraction. The sample used was accidental sampling technique with a sample of 100 respondents. The analysis prerequisite test used normality test and autocorrelation test. Hypothesis testing using simple linear analysis test and T test. The data obtained were then processed using IBM SPSS version 25. The results of this study indicate that based on the results of the T test, it can be seen that the significant value of X tourist preferences towards Y decision to visit is 0.000 <0.005 or the t-count value of 9.546 is greater than the t-table of 1.984. The results of the analysis show that H1 is acceptable so that the tourist preference variable (X) has a positive and significant influence on the visiting decision variable (Y) during the Covid-19 pandemic. This indicates that tourist preferences have a positive influence in determining priorities for making decisions. visiting the Puncak Mas tourist attraction during the Covid-19 pandemic. Based on a review of the sharia business perspective in a tourist attraction, it must be able to follow the rules and teachings of Islam so that everything can run well. The Puncak Mas tourist attraction provides facilities, comfort iv and services in accordance with Islamic law, which means that the Puncak Mas tourist attraction is included in the halal tourism category. Keywords: Preference, Visiting Decision, Covid - 19

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Feb 2022 07:24
Last Modified: 02 Feb 2022 07:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17486

Actions (login required)

View Item View Item