Peran kepala sekolah madrasah dalam meningkatkan disiplin dan prestasi peserta didik di madrasah ibtidaiyah Negeri 3 Lampung Barat

Iksanudin, Iksanudin (2017) Peran kepala sekolah madrasah dalam meningkatkan disiplin dan prestasi peserta didik di madrasah ibtidaiyah Negeri 3 Lampung Barat. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
PDF
Download (522kB) | Preview
[thumbnail of Halaman_Depan.pdf]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Isi.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab_I.pdf]
Preview
PDF
Download (346kB) | Preview
[thumbnail of Bab_II.pdf]
Preview
PDF
Download (401kB) | Preview
[thumbnail of Bab_III.pdf]
Preview
PDF
Download (155kB) | Preview
[thumbnail of Bab_IV.pdf]
Preview
PDF
Download (486kB) | Preview
[thumbnail of Bab_V.pdf]
Preview
PDF
Download (72kB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
PDF
Download (113kB) | Preview

Abstract

Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Disiplin dan Prestasi Peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Lampung Barat. Pembimbing : (1) Dr. Rijal Firdaos, M.Pd, (2) Prof. Dr. Idham Kholid, M.Ag . Di dalam lembaga pendidikan formal, madrasah harus mempunyai seorang pemimpin atau kepala madrasah guna mengatur keberlangsungan kegiatan yang ada di madrasah tersebut. Kepala madrasah MIN 3 Lampung Barat telah melaksanakan bermacam upaya dalam memimpin untuk perkembangan kemajuan madrasah,akan tetapi masih banyak peserta didik yang belum mencapai kedisiplinan dan belum mencapai Prestasi belajar yang baik. Permasalahan dalam penelitian ini adalah : Bagaimana peran Kepala Madrasah dalam meningkatkan disiplin dan prestasi peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Lampung Barat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif,teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriftif kualitatif, sehingga di peroleh data yang obyektif. Dalam memperoleh informasi untuk mendapatkan data dalam penelitian ini di gunakan teknik pengambilan sumber data dengan purposive ( teknik pengambilan sumber data dengan pertimbangan tertentu ), dengan informen penelitian yaitu Kepala Madrasah, Waka Kesiswaan, Guru kelas dan siswa Hasil Temuan Penelitian ini menunjukan bahwa, pertama : Kepala Madrasah telah melaksanakan perannya sebagai educator, manager, administrator, leader, supervisor, innovator dan motivator, akan tetapi kedisiplinan siswa dalam menerapkan peraturan Madrasah belum maksimal. hal tersebut terjadi bukan karena peran kepala madrasah tidak berjalan, tetapi karena kekurang tegasnya guru pada saat kegiatan pembelajaran dan karena kurang kepedulian guru dalam pemberlakuan sangsi pelanggaran disiplin siswa. Kedua: Kepala Madrasah telah melaksanakan perannya sebagai educator, manager, administrator, leader, supervisor, innovator dan motivator, akan tetapi Prestasi belajar Peserta Didik masih rendah, masih ada siswa yang mendapatkan nilai tidak tuntas, hal tersebut terjadi bukan karena peran kepala madrasah tidak berjalan tetapi karena kekurang seriusan siswa dalam memperhatikan pelajaran,dan adanya rasa jenuh terhadap strategi/metode guru dalam penyampaian materi pelajaran. Dari pembahasan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Lampung Barat telah melaksanakan perannya dalam meningkatkan disiplin dan Prestasi belajar siswa, namun demikian masih saja terdapat siswa yang tidak disiplin dan prestasi siswa yang rendah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Rohai Inah Indrakasih
Date Deposited: 30 Oct 2017 03:14
Last Modified: 30 Oct 2017 03:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1745

Actions (login required)

View Item View Item