Peran guru dan orang tua dalam menumbuhkan minat membaca al-qur'an pada peserta didik Madrasah Ibtidaiyah:Mi Diniyyah Putri Lampung

Ambar Wati, Ani (2017) Peran guru dan orang tua dalam menumbuhkan minat membaca al-qur'an pada peserta didik Madrasah Ibtidaiyah:Mi Diniyyah Putri Lampung. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
PDF
Download (545kB) | Preview
[thumbnail of Halaman_Depan.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Isi.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab_I.pdf]
Preview
PDF
Download (345kB) | Preview
[thumbnail of Bab_II.pdf]
Preview
PDF
Download (374kB) | Preview
[thumbnail of Bab_III.pdf]
Preview
PDF
Download (322kB) | Preview
[thumbnail of Bab_IV.pdf]
Preview
PDF
Download (242kB) | Preview
[thumbnail of Bab_V.pdf]
Preview
PDF
Download (134kB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Al-Qur’an adalah kitab suci yang diturunkan Allah kepada Muhammad SAW MI adalah sekolah yang sederajat dengan SD dibawah naungan Kementerian Agama yang ikut bertanggung jawab dalam mengajarkan peserta didik dengan sumber ajaran islam, yaitu al-Qur’an dan hadits. Mata pelajaran yang harus dikuasasi tingkat MI sama dengan peserta didik SD hanya di MI Pelajaran Agama Islam lebih dispesifikasi, yaitu Qur’an dan hadits, fiqh, bahasa arab, aqidah akhlaq, yang mengharuskan peserta didik membaca dan menulis al-Qur’an dengan baik. Kondisi peserta didik di MI Diniyyah Putri lampung dalam membaca dan menulis al-Qur’an belum maksimal beberapa peserta didik telah dapat membaca al-Qur’an dengan baik dan benar namun masih ada peserta didik hanya bisa membaca al-Qur’an tanpa mengetahui hukum tajwid, belum dapat membedakan makharaijul huruf, penyebabnya adalah kurang adanya control dan campur tangan orang tua khususnya mengaji. Bagaimana pesrtai didik mempelajari Qur’an hadits dengan baik jika membaca al-Qur’an belum dikuasai. Pada kenyataannya guru di MI Diniyyah Putri lampung telah dapat membaca al-Qur’an dengan benar baik itu Makharijul huruf, dan tajwid seharusnya keadaan ini dapat menumbuhkan minat peserta didik di MI Diniyyah Putri Lampung dalam membaca al-Qur’an. Rumusan masalah penelitian adalah: 1) Bagaimana peran guru dan orang tua dalam menumbuhkan minat membaca al-Qur’an pada peserta didik di MI Diniyyah Putri lampung. Pengumpulan data dengan metode observasi, interview dan metode dokumentasi. Data primer terdiri dari guru, orang tua dan siswa dan data sekunder digunakan untuk mendapatkan informasi secara tidak langsung dari sumbernya. Hasil penelitian peran orang tua, orang tua telah mengontrol kegiatan belajar anak, memantau perkembangan akademik, memantau perkembangan kepribadian, memantau efektifitas jam belajar anak sementara itu guru telah berperan sebagai fasilitator, pembimbing motivator organisator dan manusia sumber dan membuahkan hasil yang positif yaitu adanya peningkatan minat membaca al-Qur’an pada peserta didik di MI Diniyyah Putri lampung dengan tahapan perkembangan indicator pada penelitian membaca al-Qur’an dengan baik dan benar, tidak mengerti tajwid tidak dapat membedakan makharijul huruf dan belum bisa membaca al-Qur’an. 2) faktor-faktor yang mempengeruhi peran orang tua dan guru dalam menumbuhkan minat yaitu faktor yang berasal dari dalam diri peserta didik sendiri, faktor internal ini lebih pada kesiapan diri peserta didik dalam belajar yang dipengaruhi oleh faktor fisiologis yaitu dalam hal kesiapan rohaniah b. faktor eksternal yaitu faktor yang datang dari luar diri peserta didik, faktor ini meliputi faktor keluarga (orang tua), bagaimana cara orang tua mendidik, hubungan orang tua dengan anak, suasana rumah, keadaan ekonomi keluarga, dan faktor seolah yang terdiri dari faktor pengajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Rohai Inah Indrakasih
Date Deposited: 30 Oct 2017 02:34
Last Modified: 30 Oct 2017 02:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1741

Actions (login required)

View Item View Item