PENGARUH PERSEPSI KEMANFAATAN, KEMUDAHAN, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN UANG ELEKTRONIK BERBASIS SERVER DI KALANGAN MAHASISWA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung)

VENNY, LISYA SEMBIRING (2022) PENGARUH PERSEPSI KEMANFAATAN, KEMUDAHAN, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN UANG ELEKTRONIK BERBASIS SERVER DI KALANGAN MAHASISWA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI VENNY LISYA SEMBIRING.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Teknologi dalam sistem pembayaran telah mengantikan peranan uang sebagai alat pembayaran atau alat tukar menukar suatu barang pada umumnya berupa pembayaran tunai maupun non tunai yang mana lebih efektif dan efisien. Kemajuan ilmu pengetahuan disertai dengan kemajuan teknologi era modern yang semakin pesat ini mengakibatkan perubahan gaya hidup masyarakat yang cenderung konsumtif disertai keinginan yang mudah dan praktis, mengharuskan perbankan untuk selalu berinovasi guna menggunakan aktivitas bagi masyarakat, salah satu inovasi yang dilakukan oleh perbankan adalah menciptakan sistem pembayaran yang lebih mudah dan aman yaitu sistem pembayaran menggunakan uang elektronik. Uang elektronik merupakan uang yang dimiliki oleh sistem komputer perbankan dan tersedia untuk transaksi melalui elektronik (melalui handphone). Tujuan dari penelitian untuk menguji pengaruh persepsi kemanfaatan, kemudahan dan promosi terhadap keputusan penggunaan uang elektromik berbasis server secara parsial dan simultan, penelitian ini juga untuk mengetahui dan menganalisa perspektif ekonomi islam terhadap persepsi kemanfaatan, kemudahan, dan promosi di kalangan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan metode data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner yang menggunakan skala likert. Teknik sampling yang digunakan adalah nonprobably sampling total sample sebanyak 100 responden. Data diolah dengan menggunakan SPSS 23. Uji analisis data yang digunakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas,uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolineritas, uji autokorelasi, uji liner berganda, uji koefisien determinasi (R2), uji f, uji t. Berdasarkan hasil penelitian terdapat hasil positif dan signifikan antara persepsi kemanfaatan, kemudahan, dan promosi terhadap keputusan penggunaan uang elektronik berbasis server, secara parsial dan simultan. Dan akad-akad yang digunakan dalam uang elektronik berbasis server sudah sesuai dengan syariat islam yaitu akat Wadi’ah, Wakalah, dan Ijarah. Dalam hal ini uang elektronik diperbolehkan dalam perspektif ekonomi islam. Kata kunci : Persepsi Kemanfaatan, Kemudahan, Promosi, Keputusan penggunaan. iii ABSTRACT Digital payment system already replaced the function of physical money as it's more efficient and effective. scientifik and technological progress in the modern era have build consumtive and partical society's lifestyle, requires the banking system to create innovation in digital payment which are more is Easier and safer to use. electronic money is made by the banking system and can be accessed through Electronic media such as mobilephones.the purpose of This research is to test society preseption, benefits, and promotion of the e money to lead people using e money particaly of simultaneously, this study is also to determine and analyze the perspective of Islamic economics on perceptions of usefulness, convenience, and promotion among students. This study uses quantitative research and the data method used in this study is a questionnaire that uses a Likert scale. The sampling technique used is non-probably sampling with a total sample of 100 respondents. The data was processed using SPSS 23. The data analysis tests used in this study were validity test, reliability test, normality test, multicollinearity test, autocorrelation test, multiple linear test, coefficient of determination test (R2), f test, t test. Based on the results of the study, there are positive and significant results between perceptions of the benefits of convenience and promotion of the decision to use serverbased, electronic money partially and simultaneously. and those used in server based electronic money are in accordance with Islamic law, namely wadiah, wakalah, and ijarah contracts. in this case electronic money is allowed in the perspective of Islamic economics. Keywords: Perception of Benefit, Ease, Promotion, Decision to use

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Jan 2022 02:56
Last Modified: 27 Jan 2022 02:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17409

Actions (login required)

View Item View Item