PENGARUH DISKON, ATMOSFER TOKO DAN REWARD TERHADAP PEMBELIAN TIDAK TERENCANA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pengunjung Chandra Departement Store Tanjung Karang)

JELLY, TRISNAWATI (2022) PENGARUH DISKON, ATMOSFER TOKO DAN REWARD TERHADAP PEMBELIAN TIDAK TERENCANA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pengunjung Chandra Departement Store Tanjung Karang). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL JELLY.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Di era globalisasi, perkembangan bisnis di Indonesia mengalami peningkatan, Pelaku usaha khususnya yang bergerak dibidang ritel seperti Mall atau pusat perbelanjaan. Ritel dituntut memuaskan keinginan konsumen dengan memenuhi barang dan jasa yang sesuai sehingga mempengaruhi sikap konsumen dalam berbelanja, salah satunya adalah impulse buying. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh diskon, atmosfer toko dan reward terhadap pembelian tidak terencana dalam perspektif ekonomi Islam (studi pada pengunjung Chandra department store Tanjung Karang). Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitaf. Dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden dan merupakan konsumen Chandra Tanjung Karang, teknik yang dipakai adalah non probability, Sedangkan analisis dilakukan dengan pengolahan data menggunkan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial variabel diskon, variabel atmosfer dan variabel reward berpengaruh terhadap pembelian tidak terencana. Variabel Diskon berpengaruh positif sebesar t hitung 2,654 dengan sig 0,009 < 0.05, sedangkan variabel atmosfer toko berpengaruh positif sebesar 3,034 sig 0.003 < 0,05, untuk variabel Reward 5,908 dan sig 0,000 < 0,05. Besar koefisien determinasi R2 dari ketiga variabel tersebut adalah 0,901 artinya 90,1% hal ini berarti ketiga variabel independen tersebut mampu menjelaskan 90.1% variasi sementara sisanya yakni (100% - 90,1% ) yang mana 9,9 % dipaparkan oleh variabel lainnya yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Semakin tinggi nilai variable diskon, variable atmosfer dan variable reward maka keinginan untuk melakukan pembelian tidak terencana meningkat. Dapat disimpulkan bahwa perilaku masyarakat saat ini masih terpengaruh untuk melakukan Impluse buying. Dalam pandangan Ekonomi Islam konsumen Chandra Tanjung Karang masuk dalam kategori yang masih bisa ditolerir dalam Islam. Pandangan ekonomi Islam terhadap diskon, diskon diperbolehkan dalam Islam yang sesuai syariat Islam. Kata kunci : Diskon, Store Atmosphere , Rewerd, Impluse buying

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jan 2022 07:34
Last Modified: 25 Jan 2022 07:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17379

Actions (login required)

View Item View Item