ANALISIS DAMPAK SELEBGRAM DAN IKLAN DALAM MEMPENGARUHI MINAT BELI MAHASISWA MENGGUNAKAN PRODUK KOSMETIK WARDAH DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Mahasiswi FEBI UIN Raden Intan Lampung)

ANUR, ANISA FITRI (2022) ANALISIS DAMPAK SELEBGRAM DAN IKLAN DALAM MEMPENGARUHI MINAT BELI MAHASISWA MENGGUNAKAN PRODUK KOSMETIK WARDAH DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Mahasiswi FEBI UIN Raden Intan Lampung). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL ANNUR.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Saat ini kosmetik telah menjadi kebutuhan dasar manusia yang tidak bisa dianggap sebelah mata, baik wanita maupun pria saat ini tidak bisa terlepas dari yang namanya kosmetik. Indonesia merupakan Negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Umat islam diwajibkan untuk mengkonsumsi dan menggunakan segala produk yang halal tak terkecuali produk kosmetik. Berdasarkan kenyataannya kosmetik yang beredar di Indonesia belum memiliki sertifikat jaminan halal. seiring dengan berlombanya produsen kosmetik ini, muncullah produsen kosmetika di Indonesia yang bernama Wardah yang merupakan pelopor kosmetika halal di Indonesia. Promosi yang dilakukan produk Wardah dalam memperkenalkan produknya agar dikenal dimasyarakat salah satunya dengan bantuan dari Selebgram dan juga Iklan agar produknya lebih dikenal luas tak terkecuali dikalangan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar dampak dari selebgram dan iklan dalam mempengaruhi minat beli mahasisiwi FEBI dalam menggunakan produk kosmetik wardah dalam perspektif ekonomi islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dan observasi, dengan data primer dan sekunder, alat analisis yang digunakan dalam metode ini yaitu pendekatan induktif. Data primer diperoleh langsung dari wawancara dengan mahasisiwi FEBI, sedangkan data sekunder berupa teori-teori atau data penunjang lainnya yang diperoleh dari perpustakaan, dokumntasi, dll. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang mempengaruhi mahasiswi dalam meenggunakan produk kosmetik wardah adalah faktor internal dan faktor eksternal sedangkan dampak dari selebgram dan iklan memberikan kontribusi dalam menarik minat beli pengguna media sosial instagram pada mahasisiwi FEBI seperti membantu memperkenalkan produk/jasa kepada pengguna media sosial instagram dengan metode celebrity endors dan membantu menarik minat beli pengguna media sosial instagram dengan bantuan celebrity endors. Dalam perspektif ekonomi islam selebgram dan iklan dalam mempromosikan produk harus berlandaskan dengan kaidah-kaidah dalam pemasaran syariah syakni shiddiq (jujur,benar), amanah (dapat dipercaya) dalam mempromosikan barang/produk yang di iklankan, barang/produk yang di iklankan harus asli, seorang pengiklan harus bersikap ramah dan santun santun saat melakukan promosi, tidak memuji produknya secara berlebihan, transparan dalam iii menyampaikan produk, dan tidak ada konten yang menjatuhkan atau menjelekkkan produk lain. Kata Kunci: Selebgram Iklan, Minat Beli

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jan 2022 07:32
Last Modified: 25 Jan 2022 07:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17378

Actions (login required)

View Item View Item