PENGARUH PROMOSI ONLINE DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KONSUMEN DALAM BISNIS SYARIAH (Studi Toko Kitara dan Anas Bandar Lampung)

DINA, Anggresa Oktina (2022) PENGARUH PROMOSI ONLINE DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KONSUMEN DALAM BISNIS SYARIAH (Studi Toko Kitara dan Anas Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRPISI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRPISI Dina Anggresa Oktina.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pendekatan teoritis dan empiris dalam penelitian yang dilakukan oleh Achmad Jamaludin (2015) dengan “Pengaruh Promosi Online dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian” pada tahun 2015. Pada penelitian tersebut menyarankan agar peneliti selanjutnya dapat mengembangkan variabel lainnya dengan disertai indikator lainnya.1 bahwa penelitian yang ada hanya menggunakan satu objek bedanya dengan penelitian ini menggunakan dua objek sehingga menarik untuk diteliti. Penelitian seperti ini pernah dilakukan di Kabupaten Sumbawa Besar dengan judul “Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Mineral Dalam Kemasan Merek Dharma” penulis tertarik untuk mengadakan penelitian sejenis di Bandar Lampung dikarenakan sudah banyak toko atau usaha yang awal bisnisnya ramai namun tidak bertahan lama dikarenakan banyak dari faktor pendukung keputusan pembelian ulang yang tidak dijalankan dengan baik2 dan masih belum ada penelitian-penelitian terkait untuk meneliti hal ini di Bandar Lampung. Demikian juga berdasarkan saran dari peneliti tersebut maka secara Gap teoritis penulis mencoba meneliti pengaruh variabel lain terhadap keputusan pembelian yaitu kualitas pelayanan. Banyaknya masalah yang telah dipaparkan di atas tersebut akan sangat berdampak terhadap keputusan pembelian konsumen, promosi yang salah satu tokonya masih offline, pelayanan tempat yang kurang luas. Berdasarkan pada penelitian terdahulu hanya mengkaji satu toko saja namun pada penelitian ini penulis mengkaji dua toko di Bandar Lampung, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Promosi Online dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian pada Konsumen dalam Bisnis Syariah (Studi Toko Kitara dan Anas Bandar Lampung).” Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, berbentuk penelitian lapangan yang bersifat asosiatif yaitu untuk mencari pengaruh antara satu variabel dengan variabel yang lain. Adapun lingkup wilayah lokasi penelitian akan dilakukan di Toko Kitara dan Anas Kota Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner berbentuk google form serta dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian penulis dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh promosi online terhadap keputusan pembelian pada konsumen Toko Kitara Bandar Lampung dalam Bisnis Syariah sebesar 44.6%, sedangkan sisanya 55.4% lagi dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel promosi online. 2). Ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada konsumen Toko Anas Bandar Lampung dalam Bisnis Syariah sebesar 71.0%, sedangkan sisanya 29.0% lagi dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel kualitas pelayanan. 3). Ada pengaruh promosi online dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada konsumen Toko Anas Bandar Lampung dalam Bisnis Syariah sebesar 70.2% terhadap keputusan pembelian. Sisanya sebesar 29.8% merupakan variasi faktor lain yang turut mempengaruhi keputusan pembelian tetapi tidak dikaji dalam penelitian ini. Kata kunci: Promosi Online, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Jan 2022 03:27
Last Modified: 20 Jan 2022 03:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17243

Actions (login required)

View Item View Item