Kreatifitas guru pai dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik di Sd N 49 Karang Anyar Gedong Tataan

Masnona, Masnona (2017) Kreatifitas guru pai dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik di Sd N 49 Karang Anyar Gedong Tataan. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
PDF
Download (644kB) | Preview
[thumbnail of Halaman_Depan.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Isi.pdf]
Preview
PDF
Download (894kB) | Preview
[thumbnail of Bab_I.pdf]
Preview
PDF
Download (210kB) | Preview
[thumbnail of Bab__II.pdf]
Preview
PDF
Download (247kB) | Preview
[thumbnail of Bab_III.pdf]
Preview
PDF
Download (115kB) | Preview
[thumbnail of Bab_IV.pdf]
Preview
PDF
Download (248kB) | Preview
[thumbnail of Bab_V.pdf]
Preview
PDF
Download (64kB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
PDF
Download (145kB) | Preview

Abstract

Kreativitas guru merupakan hal yang sangat penting dalam pembelajaran, dan guru dituntut untuk mendemonstrasikan dan menunjukkan proses kreativitas tersebut Menjadi guru kreatif, professional, dan menyenangkan dituntut untuk memiliki metode pembelajaran yang efektif. Interaksi antara pengajar dengan warga belajar diharapkan merupakan proses motivasi. Maksudnya, bagaimana dalam proses interaksi itu pihak pengajar mampu memberikan dan mengembangkan motivasi serta reinforcement kepada peserta didik, agar dapat melakukan kegiatan belajar secara optimal dan pada akhirnya akan berimplikasi pada peningkatan hasil belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kreativitas guru PAI dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik di SDN 49 Karang Anyar Gedong Tataan tahun pelajaran 2016/2017? Adapun tujuan dilakukannya penelitian adalah untuk mengetahui kreativitas guru PAI dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik di SDN 49 Karang Anyar Gedong Tataan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, sumber data dalam penelitian terdiri dari 1 orang Guru PAI, kepala sekolah, siswa dan dokumentasi profil SDN 49 Karang Anyar Gedongtataan. Pengumpulan data dalam peneiltian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui prosedur reduksi data, penyajian data dan verifikasi data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Kreativitas guru PAI di SDN 49 Karang Anyar Gedongtataan dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik adalah dengan melakukan upaya-upaya inovasi dalam hal penggunaan metode dalam pembelajaran, pemilihan media pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran, serta dengan melakukan evaluasi untuk mengukur tingkat penguasaan peserta didik terhadap materi yang disampaikan.(2) Motivasi belajar peserta didik mengalami peningkatan dengan adanya upaya yang dilakukan oleh guru PAI seperti memberikan angka yang adil kepada peserta didik, pemberian hadiah bagi peserta didik yang memperoleh nilai bagus, menciptakan kompetisi dalam belajar sehingga peserta didik akan bersaing untuk menjadi lebih baik, memberi ulangan setiap selesai pembahasan materi, memberitahukan hasil ulangan yang diperoleh peserta didik sehingga siswa akan semakin berusaha memperoleh nilai lebih baik lagi, serta memberikan pujian bagi peserta didik yang telah berprestasi. (3) Hasil belajar peserta didik dengan adanya kreativitas guru PAI mengalami peningkatan dinilai berdasarkan hasil belajar pada aspek kognitif, afektif siswa dan psikomotor yang terdapat dalam nilai Raport.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Rohai Inah Indrakasih
Date Deposited: 26 Oct 2017 07:32
Last Modified: 26 Oct 2017 07:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1693

Actions (login required)

View Item View Item