PENGARUH CELEBRITY ENDORSMENT TERHADAP EFEKTIVITAS IKLAN DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN BISNIS SYARIAH (Studi Pada Konsumen Banana Foster Bandar Lampung)

NURUL, ANNISA ARDIKOESOEMA (2022) PENGARUH CELEBRITY ENDORSMENT TERHADAP EFEKTIVITAS IKLAN DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN BISNIS SYARIAH (Studi Pada Konsumen Banana Foster Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi Nurul Annisa Ardikoesoema.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini membahas sebuah pengaruh Celebirty Endorsment yang digunakan oleh pihak Banana Foster yaitu sebuah toko yang bergerak dibidang oleh – oleh yang olahannya terbuat dari bahan baku pisang, dengan menggunakan tokoh (aktor, penghibur, atlet) yang dikenal masyarakat guna menganalisis adakah pengaruh penggunaan selebriti sebagai endorser atau media iklan yang sedang populer guna mendapat perhatian yang lebih besar dan mudah diingat oleh konsumen dengan berlandaskan Al-Quran, As-Sunnah, tentang kegiatan ekonomi mengenai pengaruh celebrity endorsment terhadap efektivitas iklan dalam pespektif manajamen bisnis syariah. Penelitian ini menggunakan analisa kuantitatif sebagai metode penelitiannya dan menggunakan Aplikasi Statistical Produck Service Solutions ( SPSS ) Version 20 sebagai pengolahan data penelitian . Adapun populasi dan sampel menggunakan populasi sampel total atau keseluruhan objek yang berjumlah 100 orang yang diambil dari konsumen Banana Foster pada tahun 2021, dan Uji Validitas data kuisioner diambil sebesar 30% dari total sampel yang ada. Berdasarkan Uji F dan Uji T dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara variabel independen penerapan celebrity endorsment (X), terhadap variabel dependen efektivitas iklan (Y) dengan indikator yaitu visibility, credibility, attractions, dan power, dimana Uji F memperoleh F hitung sebesar 9.024 artinya lebih besar dari nilai F tabel yaitu sebesar 2.467 , Selain itu Uji T memperoleh sebesar 0.277 atau 27.7%. Penerapan celebirty endorsment pada Banana Foster sudah sesuai dengan prinsip Bisnis Syariah dengan menjual produk yang halal, menyampaikan iklan dengan etika yang baik, produk yang dijual asli dan tidak mengadung unsur negatif dalam penjualan maupun promosi produk. Dalam hal ini perusahaan harus amanah dengan menjaga dan mempertahankan penerapan pada bisnis syariah nya. Jika hal tersebut terus dijaga makan kepuasan dan minat beli ulang konsumen akan terus meningkat. Kata kunci : Popularitas, keahlian, tingkat disukai, kekuatan, efektivitas iklan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Jan 2022 04:35
Last Modified: 03 Jan 2022 04:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16908

Actions (login required)

View Item View Item