PENGARUH PENGGUNAAN SISTEM PEMBAYARAN SHOPEE PAYLATER “BAYAR NANTI” TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA UIN RADEN INTAN LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF BISNIS SYARIAH

SONIA, AFTIKA (2021) PENGARUH PENGGUNAAN SISTEM PEMBAYARAN SHOPEE PAYLATER “BAYAR NANTI” TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA UIN RADEN INTAN LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF BISNIS SYARIAH. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI (COVER-BAB II & DAPUS).pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Shopee PayLater adalah jasa pinjam meminjam berbasis ino�vasi data dalam bentuk saldo secara langsung melalui tahapan sebagaimana tertuang dalam POJK No. 77/2016. Jasa ini diberikan oleh Shopee yang digunakan sebagai strategi pembayaran saat berbelanja di e-commerce pada aplikasi Shopee. Berdasarkan pra riset yang peneliti lakukan terhadap 100 mahasiswa di Bandar Lampung dari berbagai kampus melalui kuisioner yang disebar secara online melalui google form didapat hasil bahwa, 97 mahasiswa dengan adanya sistem pembayaran Shopee PayLater dalam rentang seminggu justru menurunkan perilaku konsumtif mereka sebagai pengguna. Hal ini berbanding terbalik dengan alasan logis bahwa jika menggunakan sistem pembayaran Shopee PayLater seharusnya menaikkan perilaku konsumtif. Dan juga hasil dari pra riset yang peneliti lakukan juga didapat bahwa 97 mahasiswa menggunakan Shopee PayLater dengan tagline ―bayar nanti‖. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan secara kuan�titatif. Data yang digunakan adalah data primer dengan cara menye�barkan kuesioner secara online melalui google form kepada maha�siswa UIN Raden Intan Lampung. Populasi dalam penelitian ini ber�jumlah 23.901 mahasiswa aktif UIN Raden Intan Lampung. Sampel yang digunakan sebanyak 100 orang dengan menggunakan rumus slo�vin, diambil dengan cara nonprobability sampling dengan teknik ran�dom sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi li�nier sederhana yang diolah menggunakan SmartPLS 3 dan SPSS versi 26.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel penggunaan sistem pembayaran Shopee PayLater ―bayar nanti‖ berpengaruh signi�fikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa UIN Raden Intan Lampung. Didalam perspektif bisnis syariah, hal ini masuk diper�bolehkan dalam Islam karena pembayaran tidak dengan dicicil me�lainkan diawal bulan berikutnya dimana penambahan jumlah yang harus dibayarkan saat akan checkout adalah berupa fee jasa atau margin jual beli bukan berupa bunga atas pinjaman (qardh). Kata Kunci: Sistem Pembayaran, Shopee PayLater, Perilaku Konsum�tif. iii ABSTRACT Shopee PayLater is a borrow loan based data innovation that brings together credit lenders and credit recipients in terms of credit lenders to borrowers in direct balance through phases as reflected in POJK no. 77/2016. This service was rendered by shopee that was drafted asa payment strategy while shopping at e-commerce on the shopee application. According to the pre research conducted on 100 college outreach students through online lacisters through google form, it was found that 97 students with Shopee PayLater pay systems within a week actually degraded their consumer behaviors. It is directly proportional to logical reasons that using a Shopee PayLater payment system should increase consumer behavior. And also the results from the preresearch research researchers found that 97 students used Shopee PayLater with a "pay later" tagline. The study employs quantitative approaches. The data used is the primary data by sending out a questionnaire online through google form to the student uin the research research research. The population in this study numbered 23.901 active university students in UIN Raden Intan Lampung. The sample used as many as 100 people using the slovin formula, was taken by a nonprobabilty sampling with an random sampli technique. The data analysis used is a simple, linear regression analysis treated using smartpls 3 and SPSS version 26.0. The study suggests that variables of the use of Shopee�PayLater "pay later" payment system affect the student's consumer behavior in UIN Raden Intan Lampung. In the perspective of sharia business, this is allowed in Islam because the payment is not in installments but at the beginning of the following month where the additional amount to be paid at checkout is in the form of a service fee or margin of sale and not in the form of interest on the loan (qardh). Keywords: Payment System, Shopee PayLater, Consumptive Beha�vior

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Dec 2021 06:55
Last Modified: 30 Dec 2021 06:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16857

Actions (login required)

View Item View Item