PENGEMBANGAN E-MODUL BERNILAI ISLAM DENGAN APLIKASI 3D PAGE FLIP PROFESSIONAL UNTUK KELAS V MI

Via, Cici Meilika (2021) PENGEMBANGAN E-MODUL BERNILAI ISLAM DENGAN APLIKASI 3D PAGE FLIP PROFESSIONAL UNTUK KELAS V MI. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&5.pdf] PDF
Download (13MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL CICI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah yaitu bahan ajar yang digunakan masih menggunakan buku ajar tematik yang jumlah bukunya tidak sesuai dengan jumlah peserta didik, belum adanya bahan ajar yang terintegrasi dengan nilai islam dikelas V, media yang digunakan hanya media gambar, peserta didik dan pendidik membutuhkan bahan ajar yang terbarukan agar proses kegiatan belajar mengajar dapat bervariatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan e-modul bernilai islam dengan aplikasi 3d page flip professional, mengetahui respon peserta didik terhadap e�modul bernilai islam dengan aplikasi 3d page flip professional, serta untuk mengetahui respon pendidik terhadap e-modul bernilai islam dengan aplikasi 3d page flip professional. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) berdasarkan model ADDIE. Fungsi dari model ADDIE adalah menjadi pedoman dalam membangun perangkat dan infrastruktur program pembelajaran yang efesien, dinamis, dan mendukung kinerja pembelajaran itu sendiri. Model ini terdiri dari lima tahapan, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Hasil penelitian elektronik modul bernilai islam dengan aplikasi 3d page flip professional berdasarkan validasi ahli materi memperoleh kriteria sangat layak diantaranya pada aspek kesesuaian materi dengan KI dan KD sebesar 93,33%, aspek keakuratan materi sebesar 90%, aspek kemutahiran materi sebesar 85%, aspek keterpaduan nilai islam sebesar 94%, dan aspek mendorong keingin tahuan sebesar 85%. Validasi ahli media memperoleh kriteria sangat layak diantaranya pada aspek kelayakan kegrafikan sebesar 93,33% , aspek daya tarik sebesar 90%, dan aspek penyajian sebesar 93,33%. Validasi ahli bahasa memperoleh kriteria layak diantaranya pada aspek lugas sebesar 80%, aspek komunikatif sebesar 80% , aspek dialogis dan interaktif sebesar 80% , aspek kesesuaian dengan perkembangan peserta didik sebesar 80%, aspek kesesuaian dengan kaidah bahasa sebesar 80% dan aspek penggunaan istilah, simbol atau ikon sebesar 80%. Respon peserta didik pada ujicoba skala kecil sebesar 94,76% dan ujicoba skala besar sebesar 94,91%, berdasarkan hasil dari angket respon yang telah diisi peserta didik, hasil ini menempatkan e-modul pada kriteria sangat menarik. Respon pendidik memperoleh kriteria sangat menarik diantaranya aspek bahan ajar sebesar 95%, aspek materi sebesar 94%, aspek kebahasaan sebesar 90%, aspek tampilan sebesar 93,33%, sehingga produk yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran. Kata kunci: ADDIE, E-modul, Bernilai Islam, 3d Page Flip Professional

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Dec 2021 02:41
Last Modified: 17 Dec 2021 02:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16711

Actions (login required)

View Item View Item