Implementasi manajemen pengembangan profesionalitas guru dalam peningkatan efektifitas pembelajaran di Mts Negri 2 Bandar Lampung

Rubiyatun, Rubiyatun (2017) Implementasi manajemen pengembangan profesionalitas guru dalam peningkatan efektifitas pembelajaran di Mts Negri 2 Bandar Lampung. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
PDF
Download (564kB) | Preview
[thumbnail of Halaman_Depan.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Isi.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab_I.pdf]
Preview
PDF
Download (309kB) | Preview
[thumbnail of Bab_II.pdf]
Preview
PDF
Download (433kB) | Preview
[thumbnail of Bab_III.pdf]
Preview
PDF
Download (75kB) | Preview
[thumbnail of Bab_IV.pdf]
Preview
PDF
Download (386kB) | Preview
[thumbnail of Bab_V.pdf]
Preview
PDF
Download (25kB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
PDF
Download (121kB) | Preview

Abstract

Implementasi manajemen pengembangan profesionalitas guru dalam dunia pendidikan dengan baik akan meningkatkan efektifitas pembelajaran di sekolah tersebut. Akan tetapi berdasarkan hasil prasurvey walaupun manajemen pengembangan profesionalitas guru di MTs Negeri 2 Bandar Lampung telah diimplementasikan akan tetapi kurang memberikan dampak yang berarti terhadap peningkatan efektifitias pembelajarannya. Hal ini menimbulkan permasalahan yang menarik untuk diteliti lebih lanjut tentang implementasi manajemen pengembangan profesionalitas guru dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran di MTs Negeri 2 Bandar Lampung. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana implementasi manajemen pengembangan profesionalitas guru dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran? dan 2) apasajakah hambatan implementasi manajemen pengembangan profesionalitas guru dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran?, sehingga tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui implementasi manajemen pengembangan profesionalitas guru dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran di MTs Negeri 2 Bandar Lampung dan hambatan dalam mengimpelentasikannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber datanya kepala madrasah dan wakilnya, guru, dan siswa yang dipilih secara purposive dan bersifat snowball sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi partisipatif, wawancara tak berstruktur dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan induktif, dengan langkah-langkah: mereduksi data, menyajikan data, dan verifikasi data. Kesimpulan penelitian ini adalah Implementasi manajemen pengembangan profesionalitas guru di MTs Negeri 2 Bandar Lampung dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran cukup baik dilaksanakan: 1) Tahap perencanaan diawali dengan mengumpulkan data lewat pengamatan dan memeriksa dokumen guru serta disesuaikan dengan permasalahan yang dihadapi guru. 2) Tahap pembinaan dan pengembangan: program pemberdayaan MGMP, program In service training, program On service training, memberikan motivasi untuk melanjutkan pendidikan, memberikan penghargaan dan sanksi, mengikutsertakan guru dalam setiap perkembangan madrasah, menerima dan mengembangkan ide dan potensi guru, dan melakukan promosi bagi guru yang berprestasi. 3) pada tahap penilaian dan pengawasan kepala madrasah yang selalu mengadakan supervisi langsung, hasil penilaian kinerja langsung ditindaklanjuti, 4) pemberian kompensasi, gaji guru honorer (GTT) tidak pernah diperlambat/ditunda-tunda, dan setiap prestasi kerja guru diberikan penghargaan oleh kepala madrasah. Hambatan implementasi manajemen pengembangan profesionalitas guru di MTs Negeri 2 Bandar Lampung dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran adalah hambatan yang timbul dari guru dan pelaksanaan program peningkatan mutu guru yang terkadang kurang baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms. Rohai Inah Indrakasih
Date Deposited: 25 Oct 2017 06:53
Last Modified: 25 Oct 2017 06:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1658

Actions (login required)

View Item View Item