PENGARUH MODEL PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII

EKA, MERTASARI (2021) PENGARUH MODEL PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI EKA MERTASARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan merupakan salah satu peranan penting yang ada di kehidupan, dengan adanya pendidikan di suatu Negara dapat terciptanya sumber daya manusia yang berkualitas, berakhlak dan menjadi individu yang bertanggung jawab dalam menghadapi tantangan dimasa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Ma’arif Pajaresuk tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasy Experiment. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan kelas VIII 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 2 sebagai kelas kontrol. Intrumen penelitian ini untuk mengukur hasil belajar kognitif peserta didik yaitu instrumen tes berupa multiple choice dengan soal yang berjumlah 20 soal dan lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL). Perhitungan uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan aplikasi IBM SPSS 23 Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji-t, pada uji hipotesis menyatakan bahwa perolehan nilai signifikan sebesar 0,00(sig<0,05) yang berarti H0 ditolak, artinya ada pengaruh model pembelajaran POGIL terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas VIII. Kata kunci : Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL), dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Nov 2021 02:41
Last Modified: 03 Nov 2021 02:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16234

Actions (login required)

View Item View Item