PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ONLINE MELALUI WHATSAPP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KOLABORASI PESERTA DIDIK PADA MATERI HUKUM TERMODINAMIKA DI SMA N 5 BANDAR LAMPUNG

KHARISMA, ANDRI LESTARI (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ONLINE MELALUI WHATSAPP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KOLABORASI PESERTA DIDIK PADA MATERI HUKUM TERMODINAMIKA DI SMA N 5 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of skripsi KHARISMA ANDRI LESTARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE MELALUI WHATSAPP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KOLABORASI PESERTA DIDIK PADA MATERI HUKUM TERMODINAMIKA DI SMA N 5 BANDAR LAMPUNG Kemampuan berpikir kreatif , berpikir kritis, komunikasi dan kolaboratif salah satu kemampuan yang menjadi kecakapan utama dalam kehidupan di abad 21. Fisika adalah salah satu cabang dari ilmu pengetahuan alam berupa sains. Melalui pembelajaran fisika peserta didik akan menyadari bahwa memiliki kemampuan dalam membuat keputusan alam dan perubahan yang dilakukan pada aktifitas alam dan harus memiliki kreativitas yang tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Online melalui whatsapp untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan kolaboratif peserta didik. Jenis penelitian ini tidak memiliki kelompok kontrol. Desain Pre- Experimental yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini seluruh peserta didik kelas XI MIA SMA N 5 Bandar Lampung. Instrumen pada penelitian ini adalah instrumen tes untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif peserta didik, angket kolaboratif peserta didik, dan lembar keterlaksanaan pembelajaran Online. Hasil analisis data menunjukkan nilai sig sebesar 0,00 yang berarti sig < 0,05 sehingga H0 diterima Hasil lembar keterlaksanaan pembelajaran Online sebesar 91,76% dalam kategoti sangat baik. Oleh karna itu dapat disimpulkan pembelajaran Online dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan kolaboratif peserta didik. Kata kunci : Kemampuan Berpikir Kreatif, Kemampuan Kolaboratif, Pembelajaran Onlineiv ABSTRACT THE EFFECT OF ONLINE LEARNING THROUGH WHATSAPP TO IMPROVE CREATIVE THINKING ABILITY AND COLLABORATION OF STUDENTS ON THERMODYNAMIC LAW MATERIALS IN SMA N 5 BANDAR LAMPUNG The ability to think creatively, think critically, communicate and collaborate is one of the main skills in life in the 21st century. Physics is one of the branches of natural science in the form of science. Through physics learning, students will realize that having the ability to make natural decisions and changes made to natural activities and must have high creativity and good collaboration. Therefore, to improve creative thinking skills The purpose of this study was to determine the effect of online learning through whatsapp to improve students' creative and collaborative thinking skills. This type of research does not have a control group. The Pre-Experimental Design used is One Group Pretest-Posttest Design.. The population of this study were all students of class XI MIA SMA N 5 Bandar Lampung. The instrument in this study was a test instrument to measure students' creative thinking skills, students' collaborative questionnaires, and online learning implementation sheets. The results of data analysis show a sig value of 0.00 which means sig <0.05 so that H0 is accepted or there are differences in the creative and collaborative thinking abilities of early and late stage students. The results of the online learning implementation sheet are 91.76% in the very good category. Therefore, it can be concluded that online learning can improve students' creative and collaborative thinking skills. Keywords: Creative Thinking Ability, Collaborative Ability, Online Learning

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Oct 2021 06:45
Last Modified: 29 Oct 2021 06:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16192

Actions (login required)

View Item View Item