ANALISIS PERANGKAT PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 34 BANDAR LAMPUNG

Indri, Yulianti (2021) ANALISIS PERANGKAT PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 34 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi Indri Yulianti.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Perangkat pembelajaran merupakan pedoman bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran. Analisis perangkat ini bertujuan untuk mengetahui perangkat pembelajaran yang digunakan selama pembelajaran daring yang pada saat pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perangkat pembelajaran yang digunakan pada masa pandemi Covid-19 seperti silabus, RPP, LKS, media pembelajaran, dan model pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan adalah dengan metode observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah waka kurikulum, 1 guru matematika dan 3 peserta didik kelas VII F SMP Negeri 34 Bandar Lampung. Proses analisis data pada penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Menguji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi tekhnik yaitu membandingkan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, angket dan dokumentasi dari berbagai teknik pengumpulan data yang berbeda tersebut bertujuan untuk mendapatkan data dari sumber yang sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses dan persiapan guru dalam mempersiapkan perangkat pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 sudah dalam kategori baik dan layak digunakan pada pembelajaran daring. Hal tersebut dilihat dari hasil penilaian angket silabus sebesar 76% dengan kategori baik, penilaian RPP sebesar 75% dengan kategori baik, penilaian LKS sebesar 71.5% dengan kategori baik, penilaian media pembelajaran sebesar 73% dengan kategori baik dan penilaian model pembelajaran sebesar 70.5% dengan ketegori baik. Ketersediaan sarana dan prasarana dalam pembelajaran daring di sekolah sudah terpenuhi, baik dari segi guru maupun peserta didik. Kendala dalam pelaksanaan pembelajaran daring ini yaitu tidak stabilnya jaringan internet dan terkadang mengalami kesulitan dalam memahami materi pembelajaran. Kata Kunci: Analisis, Perangkat Pembelajaran, Pandemi Covid-19

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Oct 2021 07:36
Last Modified: 19 Oct 2021 07:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16059

Actions (login required)

View Item View Item