STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF MEDIA INSTAGRAM FUADBAKH DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI ISLAM TERHADAP FOLLOWERS NYA

M. Deka, Algasmi (2021) STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF MEDIA INSTAGRAM FUADBAKH DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI ISLAM TERHADAP FOLLOWERS NYA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER-BAB I - BAB II - DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kecanggihan teknologi telah membuka sekat dan menghilangkan batas ruang dan waktu, sehingga memilih dan menggunakan media dakwah yang tepat sudah menjadi keharusan dan tuntutan zaman. Keberadaan internet sebagai media dakwah sudah bukan pada tataran wacana lagi. Terutama media sosial instagram, Ada banyak sekali pejuang dakwah melalui media sosial instagram, dan salah satunya adalah akun Instagram Fuadbakh. Selain memanfaatkan kemajuan teknologi internet sebagai media penyiarannya yang cepat dan efektif, akun Instagram Fuadbakh juga menawarkan konten dakwah yang baru, kreatif dan menarik. Yaitu dengan mengkombinasikan antara cuplikan film korea berdubbing dengan cuplikan video ceramah dari para ulama. Dan hal ini yang menjadikan akun milik Fuadbakh memiliki lebih dari satu juta pengikut di instagram. Berdasarkan latar belakang di atas, pertanyaan penelitian adalah bagaimana strategi komunikasi persuasif yang dilakukan media instagram Fuadbakh dalam menanamkan nilai-nilai keislaman kepada followersnya? Teori yang digunakan adalah teori komunikasi persuasif di dalam teori Melvin L. DeFleur dan Sandra J. Ball-Roceach terdiri dari psikodinamika, sosio kultural, dan the meaning construction. Dengan pendekatan yang berbeda, psikodinamika lebih kepada pengetahuan yang ditanamkan dengan kedekatan emosional, sosio kultural mengenai faktor lingkungan memengaruhi perilaku, serta the meaning construction mengenai strategi pemahaman atas suatu hal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode penelitian studi kasus dengan menjabarkan data ke dalam tulisan yang mendalam dan terstruktur. Dalam strategi psikodinamika, strategi yang digunakan adalah melibatkan emosi untuk melihat fenomena yang sedang marak terjadi akhir akhir ini, yaitu melalui konten video dakwah dengan menggabungkan antara fenomena yang sedang marak/viral dan beberapa dalil yang disampaikan melalui para ustadz atau ulama. Strategi sosio kultural memanfaatkan faktor lingkungan, yaitu kedekatan Fuadbakh dengan followers nya untuk menyebarkan nilai-nilai keislaman melalui pesan pribadi dari followers kepada Fuadbakh melalui direct message yang dibagikan ulang lewat konten sorotannya. Strategi the meaning construction lebih kepada kampanye langsung yang dilakukan oleh Fuadbakh demi tercapainya tujuan kesadaran masyarakat akan nilai-nilai keislaman. Kata Kunci : Strategi Komunikasi Persuasif, Fuadbakh, Instagram

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Oct 2021 06:03
Last Modified: 12 Oct 2021 06:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15984

Actions (login required)

View Item View Item