PENGARUH VIRAL MARKETING DAN FOOD QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pada Ngikan Yuk Bandar Lampung)

Putri, Irania (2021) PENGARUH VIRAL MARKETING DAN FOOD QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pada Ngikan Yuk Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI PUTRI IRANIA .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Persaingan muncul seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, mendorong berbagai macam perubahan sistem di dunia seperti dalam dunia bisnis. Perubahan ini terjadi seperti dalam sistem perdagangan, pemasaran, cara bertransaksi, juga penyampain informasi mengenai suatu produk. Penerapan viral marketing yang baik diharapkan menjadi strategi yang tepat didukung dengan kualitas makanan yang dipertahankan oleh sebuah restoran sehingga bisa mempengaruhi keputusan pembelian. Salah satu restoran yang menggunakan strategi viral marketing adalah Ngikan Yuk. Pembelian produk Ngikan Yuk sejak awal dibuka mengalami kenaikan terus-menerus tetapi hal tersebut tidak bertahan lama hal ini dapat dilihat melalui laporan keuangan Ngikan Yuk yang mengalami penurunan.kualitas makanan merupakan unsur yang harus selalu diperhatikanagar terciptanya kepuasan konsumen sehinggi melakukan pembelian berulang.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh viral marketing, dan food quality terhadap proses keputusan pembelian ulang. Sumber data penelitian ini merupakan data primer yang berasal dari sampel yaitu konsumen yang pernah membeli produk Ngikan Yuk Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan pada konsumen Ngikan Yuk Bandar Lampung. Sampel penelitian berjumlah 100 responden dengan menggunakan teknik non probability sampling yaitu Accidental Sampling. Pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Metode analisis data menggunakan PLS-SEM dengan software Smart PLS.3 untuk pengolahan data. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa dari hipotesis pertama yang diajukan dalam penelitian ini, dapat didukung karena pengaruh yang ditunjukkan memiliki nilai T-statistics >1,96 dan P-Values < 0,05. Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai Original Sampel (O) 0,344, dari hasil ini didapatkan Viral marketing secara positif berpengaruh terhadap keputusan pembelian ulang konsumen. Nilai T-statistics 3,544> 1,96 dan P-Values 0,000 < 0,05. Sehingga dapat dinyatakan variabel viral marketing terhadap Keputusan pembelian ulang memiliki pengaruh yang signifikan. Hipotesis kedua yang diajukan dalam penelitian ini, dapat diterima karena pengaruh yang ditunjukkan memiliki nilai T-statistics >1,96 dan P- Values < 0,05. Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai Original Sampel (O) 0,268, dari hasil ini didapatkan food quality secara positif berpengaruh terhadap keputusan pembelian ulang konsumen. Nilai T-statistics 2,252 > 1,96 dan P-Values 0,025 < 0,05. Viral marketing yang dilakukan oleh Ngikan Yuk berpengariuh terhadap keputusan pembelian ulang. dimana semakin tinggi penyebaran informasi yang ada dimasyarakat akan membuat semakin tinggi pula keputusan pembelian dan Viral marketing yang diterapkan oleh Ngikan Yuk Bandar Lampung sudah sesuai dengan syariat islam dilihat dari informasi yag disampaikan sesuai dengan kenyataan dan dapat dibuktikan melalui hasil kuisioner. Kualitas maknan yang dimiliki Ngikan Yuk cukup baik dimana semakin baik kualitas makanan sebuah restoran maka akan semakin tinggi pula keputusan konsumen dalam melakukan pembelian juga Food quality yang diberikan oleh Ngikan Yuk sudah sesuai dengan syariat islam karena Ngikan Yuk menggunakan bahan makanan yang segar dan halal. Kata kunci : viral marketing, food quality, keputusan pembelian ulang 3 ABSTRACT Competition arises along with the development of increasingly sophisticated technology, encouraging various kinds of system changes in the world such as in the business world. These changes occur such as in the trading system, marketing, how to transact, as well as conveying information about a product. A good application of viral marketing is expected to be the right strategy supported by the quality of food maintained by a restaurant so that it can influence purchasing decisions. One restaurant that uses a viral marketing strategy is Ngikan Yuk. Purchases of Ngikan Yuk products since the beginning of their opening have increased continuously but this did not last long, this can be seen through Ngikan Yuk's financial reports which have decreased. to determine the effect of viral marketing, and food quality on the repurchase decision process. The source of this research data is primary data that comes from the sample, namely consumers who have bought Ngikan Yuk Bandar Lampung products. This study uses a quantitative approach. The research was conducted on the consumers of Ngikan Yuk Bandar Lampung. The research sample amounted to 100 respondents using a non-probability sampling technique, namely Accidental Sampling. Collecting data through the distribution of questionnaires. The data analysis method uses PLS-SEM with Smart PLS.3 software for data processing. The results of the study can be seen that from the first hypothesis proposed in this study, it can be supported because the effect shown has a T-statistics value> 1.96 and P-Values <0.05. The test results show that the value of the Original Sample (O) is 0.344, from these results it is found that Viral marketing has a positive effect on consumers' repurchase decisions. T-statistics value 3,544 > 1.96 and P-Values 0.000 < 0.05. So it can be stated that the viral marketing variable on the repurchase decision has a significant influence. The second hypothesis proposed in this study is acceptable because the effect shown has a T-statistics value > 1.96 and a P-Values < 0.05. The test results show that the value of the Original Sample (O) is 0.268, from these results it is found that food quality has a positive effect on consumers' repurchase decisions. T-statistics value is 2.252 > 1.96 and P-Values is 0.025 < 0.05. Viral marketing carried out by Ngikan Yuk has an influence on repurchase decisions. where the higher the dissemination of information in the community, the higher the purchasing decisions and Viral marketing applied by Ngikan Yuk Bandar Lampung is in accordance with Islamic law, seen from the information submitted in accordance with reality and can be proven through the results of the questionnaire. The quality of food that Ngikan Yuk has is quite good where the better the quality of the food in a restaurant, the higher the consumer's decision to make a purchase. The food quality provided by Ngikan Yuk is in accordance with Islamic law because Ngikan Yuk uses fresh and halal food ingredients. Keywords: viral marketing, food quality, repurchase decisions

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Oct 2021 05:21
Last Modified: 12 Oct 2021 05:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15979

Actions (login required)

View Item View Item