PENERAPAN STRATEGI READING ALOUD BERBANTU MEDIA GAMBAR DALAM PENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA MATA PELAJARAN PAI MATERI POKOK SURAH AL-ALAQ PESERTA DIDIK KELAS VI SD NEGERI 02 SENDANG AGUNG LAMPUNG TENGAH

EDI, SETIAWAN (2021) PENERAPAN STRATEGI READING ALOUD BERBANTU MEDIA GAMBAR DALAM PENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA MATA PELAJARAN PAI MATERI POKOK SURAH AL-ALAQ PESERTA DIDIK KELAS VI SD NEGERI 02 SENDANG AGUNG LAMPUNG TENGAH. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & 5.pdf] PDF
Download (14MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL EDI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

ABSTRAK PENERAPAN STRATEGI READING ALOUD BERBANTU MEDIA GAMBAR DALAM PENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA MATA PELAJARAN PAI MATERI POKOK SURAH AL-ALAQ PESERTA DIDIK KELAS VI SD NEGERI 02 SENDANG AGUNG LAMPUNG TENGAH Oleh: Edi Setiawan Kemampuan membaca Al-Qur’an Peserta didik kelas VI SD Negeri 02 Sendang Agung Lampung Tengah masih tergolong rendah. Terbukti bahwa diantara 22 peserta didik hanya ada 6 peserta didik dengan kategori baik. Hal ini disebabkan oleh rendahnya pelaksanaan pendidik tentang strategi yang tepat agar peserta didik dapat belajar membaca Al-Qur’an dengan mudah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an pada mata pelajaran PAI materi pokok surah Al-‘Alaq melalui strategi reading aloud berbantu media gambar di kelas VI di SD Negeri 02 Sendang Agung Lampung Tengah? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan strategi reading aloud berbantu media gambar pada Mata pelajaran PAI materi pokok surah Al-Alaq di kelas VI di SD Negeri 02 Sendang Agung Lampung Tengah dan untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik kelas VI di SD Negeri 02 Sendang Agung Lampung Tengah. Hasil penelitian ini adalah kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik kelas VI SD negeri 02 Sendang Agung Lampung Tengah dapat ditingkatkan dengan upaya penerapan strategi reading aloud berbantu media gambar. Hal ini dibuktikan kemampuan membaca Al- Qur’an kategori baik dan sangat baik pada siklus I 68,2% meningkat 27,3% dari hasil pra-survei yang hanya 40,9%. Pada hasil post test siklus II kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik dengan kategori baik dan sangat baik mencapai 100% meningkat 31,8% dari nilai post test siklus I. Sedangkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik dengan kategori cukup pada siklus I adalah 31,8% menurun 9,2% dari hasil prasurvei. Dan pada siklus II kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik dengan kategori cukup menurun 31,8%, dari nilai post tes siklus I. Kata kunci: Strategi Reading Aloud Berbantu Media Gambar, Kemampuan Membaca Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Sep 2021 04:21
Last Modified: 13 Sep 2021 04:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15673

Actions (login required)

View Item View Item