TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP DISKON DAN CASHBACK DALAM PEMBELIAN BARANG MENGGUNAKAN OVO (Studi pada Tokopedia Cabang Lampung)

MONIKA, SEPTI (2021) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP DISKON DAN CASHBACK DALAM PEMBELIAN BARANG MENGGUNAKAN OVO (Studi pada Tokopedia Cabang Lampung). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI FULL MONIKA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&5.pdf] PDF
Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Jual-beli yang sering dilakukan oleh semua manusia kini tidak lagi hanya dapat dilakukan secara face to face antara penjual dan pembeli, Teknologi telah memudahkan dengan dihadirkannya belanja secara online, dimana penjual dan pembeli bisa melakukan transaksi melalui internet.Kecanggihan teknologi mengadakan uang tidak lagi hanya berbentuk kertas atau koin, tapi berbentuk digital yakni Uang digital/uang virtual yang sering digunakan dalam pembelanjaan secara online.Di dalam Tokopedia banyak sekali hal-hal menarik yang ditawarkan baik dari si pemilik toko, maupun dari Tokopedia.Mulai dari gratis ongkir, diskon, hingga cashback bagi si pembeli. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana praktik diskon dan cashback dalam pembelian barang menggunakan OVO di Tokopedia, dan bagaimana tinjauan hukum Islam memandang diskon dan cashback dalam pembelian barang menggunakan OVO di Tokopedia.Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Praktik diskon dan cashback dalam pembelian barang menggunakan OVO di Tokopedia, dan bagaimana tinjauan hukum Islam memandang diskon dan cashback dalam pembelian barang menggunakan OVO di Tokopedia. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field Research), sifat penelitian ini adalah sifat deskriptif analisis ialah pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara, pengolahan data dilakukan melalui editing dan sistemasi data, analisis data secara kualitatif dengan mengunakan metode induktif. Adapun hasil dari penelitian mengenai Praktik diskon dan cashback dalam pembelian barang menggunakan OVO di Tokopedia Praktik Diskon dan Cashback dalam pembelian barang menggunakan OVO di Tokopedia bahwa Pelaksanaan dalam pemberian Diskon dan Cashback menggunakan OVO diberikan atas prestasi dalam keberhasilan melakukan transaksi jual beli sebagai imbalan/hadiah sesuai dengan ketentuan. Perputaran dana OVO yang akan diberikan kepada konsumen, pihak Tokopedia Cabang Lampung akan menyalurkan terlebih dahulu dana mereka ke bank konvensional, dan dana bunga dari bank yang akan diberikan kepada konsumen sebagai diskon dan cashback, dan Tinjauan Hukum Islam terhadap Praktik Diskon dan Cashback dalam pembelian barang menggunakan OVO di Tokopedia tidak diperbolehkan dalam syarat jual beli dalam Islam. Karena dalam praktiknya Tokopedia Cabang Bandar Lampung menggunakan sistem bunga untuk diskon dan cashback yang diberikan. Dimana, sistem bunga dalam hukum Islam merupakan riba dan haram hukumnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Aug 2021 03:12
Last Modified: 26 Aug 2021 03:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15464

Actions (login required)

View Item View Item