DHEA, YUSMA BONAFIDE (2021) MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA : STUDI META-ANALISIS. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
PDF
Download (666kB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (886kB) |
Abstract
ABSTRAK Model Pembelajaran Problem Based Learning semakin populer dalam pembelajaran fisika sejak itu mendorong siswa untuk berpikir secara terbuka, aktif, dan reflektif. Sehingga berdampak pada kemampuan berpikir kritis siswa. Melalui meta-analisis, penelitian ini membahas bagaimana model pembelajaran Problem Based Learning meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan desain eksperimental dengan teknik meta-analisis. Penelitian telah dilakukan oleh mengumpulkan artikel dari Google Scholar, Scopus, dan ERIC (Education Resources Information and Center). Sebanyak 63 artikel telah diperoleh yang kemudian dipilih 16 artikel dan dianalisis melalui 5 tahap, yaitu (1) Orientasi, (2) Konseptualisasi, (3) Investigasi, (4) Pembahasan, dan (5) Kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan model pembelajaran Problem Based Learning berkontribusi dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 0.657 dengan kategori effect size sedang. Dan berdasarkan jenjang pendidikan besar effect size pada SD (0.71), SMP (0.59) dan SMA sebesar (0.732). Berdasarkan wilayah model pembelajaran Problem Based Leaning pada pulau Jawa sebesar 0.554, pulau Sumatera sebesar 0.89 dan pulau Nusa Tenggara sebesar 0.72 serta pulau Sulawesi sebesar 0.72.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 08 Jul 2021 04:31 |
Last Modified: | 08 Jul 2021 04:31 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15169 |
Actions (login required)
View Item |