PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING (BBL) DENGAN PENDEKATAN SAVIR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA

MIFTHA, HUL JANAH (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING (BBL) DENGAN PENDEKATAN SAVIR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&5.pdf] PDF
Download (40MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL  MIFTHA HUL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (40MB)

Abstract

ABSTRAK Keberhasilan proses belajar mengajar dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan sangat dipengaruhi oleh faktor pendidik dan peserta didik. Pendidik harus mampu memilih dan menerapkan model pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan materi sehingga peserta didik dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan sikap ilmiah serta terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Berdasarkan pra penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah dan sikap ilmiah peserta didik di SMA Negeri 8 Bandar Lampung masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Brain Based Learning (BBL) dengan pendekatan SAVIR terhadap kemampuan pemecahan masalah dan sikap ilmiah peserta didik dalam pembelajaran fisika. Dengan hipotesis penelitian yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran Brain Based Learning dengan pendekatan SAVIR terhadap kemampuan pemecahan masalah dan sikap ilmiah peserta didik dalam pembelajaran fisika. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dengan desain non-equivalent control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA SMAN 8 Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling dengan sampel kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah instrumen test dan non test. Instrumen test berupa soal essay untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah. Instrumen non test berupa angket dan lembar observasi untuk mengukur sikap ilmiah. Instrumen non test berupa lembar observasi digunakan untuk mengukur keterlaksanaan model pembelajaran Brain Based Learning (BBL). Hasil analisis kemampuan pemecahan masalah dan sikap ilmiah peserta didik pada kedua kelas dilakukan dengan uji Manova yang menunjukkan nilai sig pada kemampuan pemecahan masalah sebesar 0,73 < 0,05 sehingga diterima atau terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Brain Based Learning (BBL) dan model pembelajaran Discovery Learning. Sedangkan nilai sig pada sikap ilmiah sebesar 0,000 < 0,05 sehingga diterima atau terdapat perbedaan sikap ilmiah peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Brain Based Learning (BBL) dan model pembelajaran Discovery Learning. Hasil lembar observasi penerapan model pembelajaran Brain Based Learning (BBL) sebesar 78% dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Brain Based Learning (BBL) efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah dan sikap ilmiah peserta didik. Kata kunci : Model Pembelajaran Brain Based Learning, Pendekatan SAVIR, Kemampuan Pemecahan Masalah, Sikap Ilmiah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Jul 2021 06:15
Last Modified: 05 Jul 2021 06:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15065

Actions (login required)

View Item View Item