PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY BASED UNITY OF SCIENCE (DBUS) DENGAN PENDEKATAN SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY (SETS) TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DI SMP PADA MATERI FISIKA

IRMA, Sumali (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY BASED UNITY OF SCIENCE (DBUS) DENGAN PENDEKATAN SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY (SETS) TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DI SMP PADA MATERI FISIKA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1-5.pdf] PDF
Download (23MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL IRMA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (23MB)

Abstract

ABSTRAK Kegiatan pembelajaran terdapat proses pentransfer ilmu dari pendidik dan peserta didik sehingga, peserta didik dapat memahami konsep yang disampaikan oleh peneliti. Berdasarkan hasil penelitan pendahuluan menyatakan bahwa kemampuan berpikir kritis pada peserta didik masih rendah. Hal ini disebabkan karena dalam proses pembelajaran masih menggunakan model yang bervariasi dan media pembelajaran yang digunakan belum merangsang minat belajar peserta didik sehingga kemampuan berpikir kritisnya rendah. Kemampuan berpikir kritis adalah pola pikir peserta didik yang telah tersusun secara sistematis sehingg, dalam proses berpikir dapat menganalisis dan menyimpulkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Based Unity Of Science (DBUS) dengan pendekatan Science, Environment, Technology and, Society (SETS) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik di SMP. Untuk mengukur kemampuan berpikir kritis peserta didik dilakukan tes berupa soal essay/uraian sebanyak 9 butir soal.Penelitian ini dilakukan di MTs Hasanuddin Bandar Lampung tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan adalah quasy eksperimen dengan desainrandomized control group pretest-posttest design. pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan tekniksimple random sampling, dengan kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Haasil penelitian yang telah diperoleh diuji menggunkan uji normalitas, homogenitas, dan ujihipotesis. Uji N-Gain Kelas eksperimen 0.53 dengan kategori sedang dan kelas control 0.16 dengan kategori rendah. Berdasarkan data hasil penelitian diperoleh bahwa data terdistribusi normal Lhitung<Ltabel dan homogenitas Fhitung<Ftabel sehingga diuji menggunakan uji-t dengan tarafsignifikan 0,05 diperoleh hasil Thitung>Ttabel sebesar 2,04 > 2,03 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery Based Unity of Science (DBUS) dengan pendekatan Science, Environment, Technology and, Society (SETS). Kata Kunci: Model Pembelajaran DBUS, Pendekatan SETS, Kemampuan Bepikir Kritis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jun 2021 04:02
Last Modified: 24 Jun 2021 04:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14854

Actions (login required)

View Item View Item