EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING BERBANTU PENDEKATAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SELF EFFICACY PESERTA DIDIK PADA MATERI FISIKA SMAN 1 SIDOMULYO

Siti, Aisyah (2021) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING BERBANTU PENDEKATAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SELF EFFICACY PESERTA DIDIK PADA MATERI FISIKA SMAN 1 SIDOMULYO. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER BAB 1, BAB 2 DAPUS SITI AISYAH.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of FULL SLRIPSI  SITI AISYAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Reciprocal Teaching berbantu pendekatan Inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis dan self efficacy peserta didik pada materi fisika. Untuk mengukur kemampuan berpikir kritis peserta didik dilakukan tes dengan soal essay berjumlah 10 soal pada materi fluida dinamis.Untuk mengukur self efficacy peserta didik dilakukan uji angket berupa pernyataan sebanyak 20. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah quasy experiment dengan desain non equivalent control group desain. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA di SMAN 1 Sidomulyo Lampung Selatan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Dengan kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 3 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil perhitungan uji normalitas dan uji homogen, data yang diperoleh pada kemampuan berpikir kritis terdistribusi normal dan bersifat homogen, kemudian dilanjutkan uji hipotesis one way anova spss versi 22 menunjukkan taraf signifikasinya 0,001 ˂ 0,05 yang berarti bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Kemudian data pada angket self efficacy terdistribusi normal dan homogen pada hasil angket self efficacy dilakukan uji hipotesis menggunakan uji one way anova spss versi 22 menunjukkan taraf signifikasinya 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil uji hipotesis tersebut menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis dan self efficacy peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching berbantu pendekatan inkuiri terdapat perbedaan yang diuji menggunakan uji N- gain. Melihat hasil rata-rata post-test kemampuan berpikir kritis dan self efficacy peserta didik kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Reciprocal Teaching berbantu pendekatan inkuiri efektif dengan kategori sedang yang telah diuji menggunakan uji effect size. Kata kunci:Reciprocal Teaching, pendekatan inkuiri, kemampuan berpikir kritis, . self efficacy

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Apr 2021 05:46
Last Modified: 21 Apr 2021 05:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13852

Actions (login required)

View Item View Item