PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA

RESKI, SEPTINA (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI (reski septina) 1611090093 fix.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik dalam pembelajaran fisika. Dengan hipotesis penelitian, yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik dalam pembelajaran fisika. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dengan desain non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMA N 4 Kotabumi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling dengan sampel kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa soal essay untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif peserta didik dan lembar observasi untuk mengukur keterlaksanaan model pembelajaran Snowball Throwing. Hasil analisis kemampuan berpikir kreatif peserta didik kedua kelas dilakukan uji independent sample t-test menunjukkan nilai sig sebesar 0,00<0,05 sehingga diterima atau terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dan model pembelajaran Direct Instruction. Hasil lembar observasi keterlaksanaan model Snowball Throwing sebesar 91,23 % dalam kategori sangat baik. Oleh karena itu dapat disimpulkan model pembelajaran Snowball Throwing (ST) efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Kata Kunci: Model Pembelajaran Snowball Throwing (ST), Kemampuan Berpikir Kreatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Apr 2021 05:12
Last Modified: 15 Apr 2021 05:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13756

Actions (login required)

View Item View Item