PERBANDINGAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN CROCODILE PHYSIC DAN MEDIA PEMBELAJARAN PHET SIMULATION

FERY, SYAHRUDI (2021) PERBANDINGAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN CROCODILE PHYSIC DAN MEDIA PEMBELAJARAN PHET SIMULATION. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&2.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL FERY.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK PERBANDINGAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIIK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN PHET SIMULATION DAN MEDIA PEMBELAJARAN CROCODILE PHYSIC Oleh : FERY SYAHRUDI Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbandingan pemahaman konsep peserta didik dengan menggunakan media pembelajaran crocodile physic dan media pembelajaran phet simulation di kelas X SMA Negeri 1 Semendawai Suku III pada materi gerak lurus. Metode penelitian yang digunakan merupakan quasy exsperimen design dengan bentuk randomized control group pretest-postest design, dalam penelitian ini digunkana untuk mengetahui perbandingan pemahaman konsep peserta didik dengan menggunakan media pembelajaran crocodile physic dan media pembelajaran phet simulation. Penelitian ini menggunakan tiga sampel yaitu kelas eksperimen satu, kelas eksperimen dua dan kelas kontrol. Uji yang digunkana untuk melihat pemahaman konsep menggunakan uji N-Gain. Hasil diperoleh nilai n-gain dari kelas eksperimen satu ( media pembelajaran phet simulation ) 0,62 lalu kelas eksperimen dua ( media pembelajaran crocodile physic ) 0,47 dan kelas kontrol 0,36 sehingga H1 diterima atau terdapat perbandingan pemahaman konsep peserta didik, kelas yang menggunakan media pembelajaran phet simulation lebih tinggi dari pada kelas yang menggunakan media pembelajaran crocodile physic. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat perbandingan pemahaman konsep peserta didik dengan menggunakan media pembelajaran phet simulation dan media pembelajaran crocodile physic. Kata Kunci: crocodile physic, gerak lurus, pemahaman konsep, phet simulation

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Apr 2021 05:21
Last Modified: 13 Apr 2021 05:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13740

Actions (login required)

View Item View Item