PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING TERHADAP SELF EFFICACY DAN LITERASI SAINS SISWA SMA

DESMIATUN, SITI HASANAH (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING TERHADAP SELF EFFICACY DAN LITERASI SAINS SISWA SMA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian mengenai Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Based Learning terhadap Self Efficacy dan Literasi Sains Siswa SMA dilakukan di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran inquiry based learning terhadap self efficacy dan literasi sains siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen (quasy experimental research) dengan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling dengan sampel kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen pada penelitian ini adalah instrumen tes berupa four tier test untuk mengukur literasi sains, dan instrumen non tes berupa angket untuk mengukur tingkat self efficacy peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran inquiry based learning terhadap self efficacy dan literasi sains siswa dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji multivariate of variance (MANOVA). Didapatkan hasil nilai signifikan untuk self efficacy adalah 0,001 dan nilai signifikan literasi sains adalah 0,000 yang berarti sig <0,05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Inquiry Based Learning terhadap self efficacy dan literasi sains. Kata kunci : Inquiry Based Learning, self efficacy, Literasi Sain

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Apr 2021 03:02
Last Modified: 09 Apr 2021 03:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13690

Actions (login required)

View Item View Item