PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP SELF EFFICACY DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMK AMAL BAKTI JATIMULYO

RIA, REMADHANI (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP SELF EFFICACY DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMK AMAL BAKTI JATIMULYO. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I-II-DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan hasil pra penelitian yang telah dilaksanakan di SMA Amal Bakti Jatimulyo dalam proses pembelajaran masih didominasi pendidik sehingga peserta didik hanya menerima tanpa memiliki pengalaman belajar, peserta didik umumnya kurang aktif berpartisipasi dalam proses kegiatan pembelajaran dikelas. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk mengatasi masalah pembelajaran tersebut ialah dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning. Penelitian mengenai pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap self efficacy dan hasil peserta didik pada pembelajaran fisika bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap self efficacy dan hasil belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah quasy eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMK Amal Bakti Jatimulyo. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan kelas X PM1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X PM2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk mengukur self efficacy peserta didik dan untuk melihat hasil belajar peserta didik menggunakan instrument tes dengan soal essay. Uji hipotesis menggunakan uji manova (multivariate of variance). Hasil uji hipotesis dengan taraf signifikansi 0,05 didapatkan hasil 0,000 maka H0 diterima dan H1 diterima sehingga didapatkan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap self efficacy dan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci : Problem Based Learning, Self Efficacy, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Mar 2021 07:06
Last Modified: 30 Mar 2021 07:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13597

Actions (login required)

View Item View Item