Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Aplikasi FIRUS ( Fisika Rumus) Berbasis Scaffolding Untuk Peserta Didik SMA (Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan lampung)

ARIVANDI, AZNI (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Aplikasi FIRUS ( Fisika Rumus) Berbasis Scaffolding Untuk Peserta Didik SMA (Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan lampung). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP ARIVANDI AZNI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT ARIVANDI AZNI.pdf] PDF
Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Aplikasi FIRUS ( Fisika Rumus) Berbasis Scaffolding Untuk Peserta Didik SMA OLEH : ARIVANDI AZNI Penelitian ini bertujuan untuk menggembangkan media pembelajaran berbentuk aplikasi FIRUS (Fisika Rumus) mengetahui kelayakan dan hasil respon pendidik dan peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE. Tahapan-tahapannya ialah analysis, design, development, implementation, and evaluation. Penelti menganalisa media pembelajaran yang digunakan pendidik. Pada tahap desain, peneliti mendesain aplikasi FIRUS (Fisika Rumus) sesusai kebutuhan. Setelah di desain, aplikasi FIRUS (Fisika Rumus) divalidasi 5 validator. Pada tahapan implementasi, aplikasi FIRUS (Fisika Rumus) diuji coba oleh pendidik dan peserta didik kelas XI pada semester ganjil 2020/2021. Tahap terakhir yaitu evaluasi, pada tahap ini produk dievaluasi sebagai bentuk revisi akhir dari hasil uji coba pendidik dan peserta didik. Hasil menunjukan bahwa rel isolasi digital sangat layal dan sangat menarik karena melalui tahap uji coba validasi dan tahap uji coba, dengan persentase capaian sebesar 75% menurut ahli media, 77,05% menurut ahli materi, 86,2 % menurut ahli IT, 100% menurut pendidik SMA/MA kelas XI. Hasil uji coba terhadap peserta didik SMA/MA kelas XI menunjukan persentase capaian sebesar 83,3 % dengan kriteria sangat menarik. Dari penelitian pengembangan ini disimpulkan bahwa aplikasi FIRUS (Fisika Rumus) sebagai media pembelajaran memenuhi syarat dengan kualitas sangat layak dan sangat menarik digunkan sebagai media pembelajaran peserta didik SMA/MA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Mar 2021 06:06
Last Modified: 02 Mar 2021 06:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13350

Actions (login required)

View Item View Item