PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DENGAN STRATEGI RTE (ROTATING TRIO EXCHANGE) TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF PESERTA DIDIK

Meilinda, Ana Fauziah (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DENGAN STRATEGI RTE (ROTATING TRIO EXCHANGE) TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[thumbnail of skripsi bab 1&2.pdf] PDF
Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan bertujuan mengembangkan kemampuan peserta didik. Kemampuan peserta didik diharapkan dapat memecahkan suatu masalah dengan mandiri. Salah satu bentuk penyelesaian masalah membutuhkan kemampuan metakognitif. Rendahnya kemampuan metakognitif peserta didik di sekolah dikarenakan proses pembelajaran yang masih konvensional, dimana proses pembelajaran masih berpusat pada pendidik sehingga menyebabkan peserta didik menjadi pasif. Sehingga kemampuan metakognitif perlu dikembangkan salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran yang efektif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dengan strategi RTE (Rotating Trio Exchange) terhadap kemampuan metakognitif peserta didik. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Gisting, Kabupaten Tanggamus. Teknik pengambilan sampel adalah teknik acak kelas. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes berupa soal essay untuk mengukur kemampuan metakognitif peserta didik, dan lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran PBL dengan strategi RTE. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji t dua sampel tidak berkorelasi yang digunakan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL dengan strategi RTE. Hasil analisis data menunjukkan ����� = 9,645 dan ��� � = 2,003, sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran PBL dengan strategi RTE terhadap kemampuan metakognitif peserta didik, karena ����� ��� �. Kata kunci : Model Pembelajaran PBL, Strategi RTE, Kemampuan Metakognitif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Feb 2021 05:48
Last Modified: 25 Feb 2021 05:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13306

Actions (login required)

View Item View Item