PENGARUH PERSEPSI TERIF PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK UMKM DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada UMKM Kain yang terdaftar di KPP Pratama T.Karang)

SITI, MARIYANI (2021) PENGARUH PERSEPSI TERIF PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK UMKM DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada UMKM Kain yang terdaftar di KPP Pratama T.Karang). Undergraduate thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] PDF
Download (6kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh persepsi tarif pajak dapat meningkatkan kepatuhan wajib pajak UMKM,dan (2) Bagaimana pandangan Ekonomi Islam terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM. Analisis ini menggunakan variabel independen yaitu Tarif Pajak dan variabel dependennya adalah Kepatuhan Wajib Pajak UMKM. Sampel dalam penelitian ini adalah wajib pajak UMKM Kain yang terdaftar di KPP Pratama T.Karang data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, Jenis sumber data menggunakan kuantitatif, pengumpulan data menggunakan dokumentasi, kuesioner, wawancara dan studi kepustakaan yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan menggunakan metode SPSS for windows. Berdasarkan analisis regresi linear sederhana,hasil uji T pada pengaruh Tarif pajak terhadap Kepatuhan Wajib pajak UMKMmenunjukkan bahwa variabel independen berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel dependen. Hasil analisis regresi liniear sederhana didapatkan persamaan Y = 20,755 + 0,567 X. Dari persamaan tersebut diketahui Tarif Pajak mempunyai arah regresi koefisien positif dengan Kepatuhan Wajib Pajak UMKM, sehingga memiliki hubungan yang positif antara Tarif Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM Kain yang terdaftar di KPP Pratama T.Karang. Kata kunci : Tarif Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak UMKM .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Feb 2021 05:35
Last Modified: 17 Feb 2021 05:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13220

Actions (login required)

View Item View Item