PENGARUH PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MODEL BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI GERAK LURUS

NOVA, SAMTIKA PUTRI (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MODEL BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI GERAK LURUS. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf]
Preview
PDF
Download (7MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (26MB)

Abstract

Abstrak PENGARUH PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MODEL BLENDED LEARNNG TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI GERAK LURUS Oleh: Nova Samtika Putri Media pembelajaran yang kurang bervariatif dan kreatif menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi peserta didik kurang tertarik dan mempunyai hasil belajar yang rendah untuk belajar fisika. Pengaruh TIK sangat besar kepada peserta didik. Banyak peserta didik sudah menggunakan media sosial. Akan tetapi dalam pembelajaran fisika pendidik masih mengalami kesulitan dalam membimbing peserta didik untuk menerapkan pembelajaran. Akibatnya, terjadi kesenjangan antara peserta didik dan pendidik yang tidak menggunakan teknologi di ruang kelas mereka. Salah satu peluang pengembang media yang memungkinkan adalah dengan memanfaatkan gadget yang peserta didik miliki. Model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran adalah model blended learning. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran blended Learning. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi eksperimen. Desain penelitian ini adalah non-equivalent, control group design. Objek penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA di SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu MIA 1 dan MIA 2 yang masing-masing 30 siswa. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, wawancara, dandokumentasi. Instrumen yang akan digunakan peneliti merupakan soal jamak, tes dilakukan setelah peserta didik mempelajari materi menggunakan model blended learning dengan media schoology. Setelah hasil data tes dikatakan terdistribusi normal serta homogen, Maka selanjutnya menguji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test dengan SPSS 17.00. Hasil Data Variable X (Blended Learning), berdasarkan dari ketiga pertemuan maka persentase rata-rata hasil observasi sebesar 91,76%, sehingga mendapatkan kesimpulan bahwa pada kelas eksperimen keterlaksanaan pembelajaran Blended Learning pada materi gerak lurus terlaksana dengan sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Oct 2020 06:13
Last Modified: 27 Oct 2020 06:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12135

Actions (login required)

View Item View Item