PELAKSANAAN KONSELING INDIVIDU DALAM MENINGKATKAN PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH MATHLA’UL ANWAR BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Ade Imtiyaz Sholihah, Sho (2020) PELAKSANAAN KONSELING INDIVIDU DALAM MENINGKATKAN PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH MATHLA’UL ANWAR BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Awal - BAB II dan Daftar Pustaka.pdf]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi Full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan psikologi remaja usia 15-18 tahun adalah mulai munculnya keinginan anak untuk mengekplor potensi dirinya dengan dominan dikuasai oleh egonya. Sementara perkembangan aspek sosial yang harus dicapai yaitu mengenai tugas-tugas perkembangan fisiknya, mampu membina hubungan baik dengan anggota kelompok yang berlainan jenis, mencapai kemandirian emosional, ekonomi, serta mampu memahami dan menginternalisasikan nilai-nilai sosial dengan penuh tanggung jawab. Sikap percaya diri merupakan sebagai salah satu pembentukan kemampuan hidup sosial yang menjadi dasar yang harus dimiliki anak agar mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan sosialnya. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan konseling individu mampu meningkatkan percaya diri peserta didik dengan inisial AW. Hal tersebut terbukti dari hasil wawancara dengan guru BK yang melakukan proses konseling terhadap AW, guna mencari dan memperoleh data mengenai peningkatan pecaya diri AW. Selain itu dilakukan wawancara terhadap teman sekelas AW guna memperoleh data mengenai sikap dan tingkah laku sehari-hari AW di sekolah mengenai sikap percaya diri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Sep 2020 02:49
Last Modified: 02 Sep 2020 02:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11651

Actions (login required)

View Item View Item