PENGELOLAAN PENDIDIKAN INKLUSI DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH NITIKAN KOTA YOGYAKARTA

Muhammad Yusuf, Yus (2020) PENGELOLAAN PENDIDIKAN INKLUSI DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH NITIKAN KOTA YOGYAKARTA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL,PENGESAHAN,Daftar Isi dll-converted.pdf]
Preview
PDF
Download (702kB) | Preview
[thumbnail of BAB I-converted.pdf]
Preview
PDF
Download (315kB) | Preview
[thumbnail of BAB II-converted.pdf]
Preview
PDF
Download (439kB) | Preview
[thumbnail of DISERTASI MUHAMMAD YUSUF.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berangkat dari 1) pemenuhan hak difabel sebagaimana dalam firman Allah surat abasa ayat 1-10; 2) perlindungan hak pendidikan inklusif bagi para penyadang difabel secara internasional, Undang-Undang nomor 19 tahun 2011 tentang Hak-hak Penyandang Disabilitas serta permendikbud nomor 137 tahun 2014; 3) telah tersedianya pendidikan inklusi bagi anak difabel di kota Yogyakarta; 4) TK Aisyiyah Nitikan menjadi pelopor pendidikan inklusi di kota Yogyakarta. Sedangkankan tujuan penelitian ini ialah untuk melihat perencanaan; pengorganisasian; pelaksanaan; dan pengawasan pengelolaan pendidikan inklusi di TK Aisyiyah Nitikan kota Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitan lapangan (Field Research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun tempat penelitian yaitu TK Inklusi Aisyiyah Nitikan di kota Yogyakarta. Tehnik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi mengumpulkan data, mempersiapkan, membaca, pengkodean dan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pengelolaan pendidikan inklusi di TK Aisyiyah Yogyakarta adalah 1) pada tahap perencanaan terdapat kurikulum model modifikasi yaitu pada proses dan evaluasi secara umum dan khusus; 2) pada tahap pengorganisasian dibentuk guru kelas, guru pendamping dan guru pendamping khusus (GPK); 3) pada tahap pelaksanaan terdapat dua bentuk kagiatan yaitu kelas regular dan kelas khusus bagi anak difabel; 4) pada tahap pengawasan terdapat pengawasan layanan secara umum dan khusus. Sehingga secara umum penelitian ini menghasilkan konsep pengelolaan pendidikan inklusi model regular dan khusus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 14 Aug 2020 06:50
Last Modified: 14 Aug 2020 06:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11543

Actions (login required)

View Item View Item