Sukawati, Sukawati (2017) Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Upaya Meningkatkan Akhlak Peserta Didik (Penelitian Terhadap Guru Pendidikan Agama Islam di MTs An-Nuur Kampung Baru. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Preview |
PDF
Download (293kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (241kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (166kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (352kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (189kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (96kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (156kB) | Preview |
Abstract
Kualitas akhlak peserta didik dapat dicapai melalui upaya-upaya pembinaan yang dilakukan sekolah. Dimana guru Pendidikan Agama Islam sebagai tenaga pendidik profesional memiliki tanggung jawab moral untuk membuat langkah-langkah pembinaan akhlak siswa yang terprogram dan terarah. Kenyataan dilapangan masih ditemukan adanya berbagai kenakalan yang dilakukan peserta didik baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. Fenomena ini menunjukan belum optimalnya pembinaan akhlak yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam, khususnya di MTs An-Nuur Kampung Baru. Masalah penelitian ini berkaitan dengan peningkatan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam dalam optimalisasi pembinaan akhlak peserta didik. Apakah profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam mampu meningkatkan optimalisasi pembinaan akhlak peserta didik di MTs An-Nuur Kampung Baru. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan Landasan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam; 2). Untuk menemukan upayaupaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan profesionalismenya; 3) untuk mendeskripsikan pembinaan akhlak peserta didik yang dilakukan Guru Pendidikan Agama Islam di MTs An-Nuur Kampung Baru. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode analisis deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan keadaan suatu fenomena yang terjadi dan dapat diamati dari tulisan atau lisan dari subyek penelitian.Teknik pengumpulan dan perekaman data dengan cara observasi partisipan yang ditunjang dengan wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : 1) Landasan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam MTs An-Nuur Kampung Baru yaitu undang-undang atau peraturan pemerintah (PP). UU Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, PP Nomor 19/2005 dimana seluruh guru pendidkan Agama Islam telah memiliki 4 kompetensi. yaitu: (1) kompetensi pedagogik, (2) kompetensi Kepribadian, (3) kompetensi profesional dan ke (4) kompetensi sosial serta kualifikasi pendidikan Guru Pendidikan Agama Islam. 2) Upaya-upaya meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam di MTs melalui Sertifikasi guru, Peningkatan Kualifikasi Guru, dan mengikuti berbagai pendidikan dan pelatihan guru professional. 3) Adapun langkah-langkah pembinaan akhlak siswa yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam professional MTs adalah (1) melalui Sistem Manajemen Organisasi Sekolah, (2) Melalui Pengembangan Kurikulum Terpadu (Integral) dan; (3) Melalui Program Ekstrakurikuler dan Pengembangan Diri Pendidikan Agama Islam.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama islam |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Rohai Inah Indrakasih |
Date Deposited: | 20 Feb 2017 08:10 |
Last Modified: | 20 Feb 2017 08:10 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/115 |
Actions (login required)
View Item |