Implementasi Program Menghafal Al-Qur'an Dengan Metode Hanifida Di SMP Islam Adiluwih Kecamatan Adiluwih Kabupaten Pringsewu Lampung

Maghfuroh, Hanni (2017) Implementasi Program Menghafal Al-Qur'an Dengan Metode Hanifida Di SMP Islam Adiluwih Kecamatan Adiluwih Kabupaten Pringsewu Lampung. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
PDF
Download (150kB) | Preview
[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
PDF
Download (98kB) | Preview
[thumbnail of Halaman_Depan.pdf]
Preview
PDF
Download (282kB) | Preview
[thumbnail of Tesis.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
PDF
Download (124kB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Gambar_dan_Tabel.pdf]
Preview
PDF
Download (78kB) | Preview

Abstract

Al-Qur’an merupakan sumber serta dalil bagi hukum Islam, ahli ilmu kalam, ahli ilmu pengetahuan dan bukan hanya sekedar kitab yang berbahasa Arab dan membacanya ibadah, namun di dalamnya juga mengandung nilai ilmiah dan menjadi pedoman hidup bagi pengembangan akal budaya manusia khususnya umat Islam. Al-Qur’an perlu di lestarikan dan dipertahankan keberadaannya. Dengan adanya para penghafal, al-Qur’an akan selalu terjaga dari penyimpangan dan terpelihara dari usaha manusia yang ingin menodai keasliannya. Karena sesungguhnya para penghafal al-Qur’an adalah orang-orang yang dipilih Allah sepanjang sejarah kehidupan manusia untuk menjaga kemurnian al-Qur’an dari usaha pemalsuan. Penelitian ini berbicara tentang Implementasi Program Menghafal Al-Qur’an Metode Hanifida di SMP Islam Adiluwih yang metodenya diciptakan oleh Hanifudin Mahadun dan Khoirotul Idawati Mahmud. Metode yang diciptakan pengasuh dari Pondok Pesantren La Raiba Jombang Jawa Timur tersebut dikenal dengan Metode HANIFIDA. Dalam metode hanifida tersebut mengadopsi metode takrir dan tahfidz dengan cara menggambarkan dari nama surat-surat, ayat-ayat serta urutannya secara berurutan ataupun acak. Dengan demikian dalam menghafal al-Qur’an para siswa/santri dalam menghafalkan dapat secara cepat dan menyenangkan. Dengan Metode Hanifida yang menarik diharapkan dapat memacu para siswa/santri SMP Islam Adiluwih untuk lebih giat dan tertarik untuk mengikuti program Tahfizh Al Qur’an, paling tidak dapat menghafal Juz 30 dengan baik. Sehingga diharapkan siswa yang mengikuti program tahfizh minimal akan hafal Juz ‘Amma (Juz 30) dengan baik dan lancar. Penelitian ini jika dilihat dari lokasi sumber datanya termasuk kategori penelitian lapangan (field research). Penelitian lapangan adalah untuk mencari peristiwa-peristiwa yang menjadi objek penelitian berlangsung, sehingga mendapatkan informasi langsung dan terbaru tentang masalah yang berkenaan, sekaligus sebagai cross checking terhadap bahan-bahan yang telah ada. Jika ditinjau dari sudut kemampuan atau kemungkinan penelitian dapat memberiakan informasi atau penjelasan, maka penelitian ini termasuk penelitian penelitian deskriptif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh penulis dan sudah diuraikan pada bab sebelumnya dapat disimpulkan bahwa implementasi program menghafal al-Qur’an dengan metode Hanifida di SMP Islam Adiluwih telah berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil hafalan Al-Qur’an yang telah diperoleh para santri/siswa. Namun dari segi kuantitas santri/siswa yang mengikuti program menghafal Al-Qur’an masih belum maksimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Rohai Inah Indrakasih
Date Deposited: 23 Aug 2017 02:27
Last Modified: 23 Aug 2017 02:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1148

Actions (login required)

View Item View Item