PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI TEKANAN UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP

Aryati, Sri Nia (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI TEKANAN UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Aryati.pdf]
Preview
PDF
Download (85MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian dan pengembangan ini yaitu; Mengembangkan produk berupa lembar kerja siswa (LKS) Berbasis contextual teaching and leraning (CTL) pada materi tekanan untuk peserta didik kelas VIII SMP, agar terciptanya suasana baru serta mampu membantu peserta didik dalam mengembangkan kemampuan berfikir dalam memahami materi tekanan.;Penelitian pengembangan ini didasari oleh belum tersedianya bahan ajar yang berbasis contextual teaching and learning serta mampu mengembangkan kemampuan berpikir peserta didik melalui lembar kerja siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan menurut Borg & Gall yang di adopsi oleh sugiyono. Pengembangan ini dilakukan dengan beberapa tahap yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk awal, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk.Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII K SMPN 20 Bandar Lampung. Jenis data yang dihasilkan adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian ini berupa lembar kerja siswa (LKS) Berbasis contextual teaching and leraning (CTL) pada materi tekanan untuk peserta didik kelas VIII SMP; 2) hasil rata-rata akhir perhitungan oleh Ahli materi 87%, ahli media 96%, kemudian guru Fisika memperoleh rata-rata penilaian sebesar 90% sehingga hasil penilaian akhir di kategori sangat layak, kemudian untuk hasil uji coba respon peserta didik diperoleh nilai 94% dengan kategori sangat layak. Sehingga dapat disimpulkan lembar kerja siswa (LKS) Berbasis contextual teaching and leraning (CTL) dapat digunakan sebagai bahan ajar fisika khususnya pokok bahasan tekanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 18 Aug 2017 07:30
Last Modified: 18 Aug 2017 07:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1086

Actions (login required)

View Item View Item