PENGEMBANGAN INSTRUMEN COGNITIVE DOMAIN UNTUK MENGUKUR HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) MAHASISWA

Yuberti, PENGEMBANGAN INSTRUMEN COGNITIVE DOMAIN UNTUK MENGUKUR HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) MAHASISWA. Al-Biruni. (Submitted)

[img] HTML
Download (31kB)

Abstract

Abstrak High Order Thinking Skills (HOTS) merupakan kemampuan berpikir yang tidak hanya membutuhkan kemampuan mengingat saja, namun membutuhkan kemampan lain yang lebih tinggi, seperti kemampuan berpikir kreatif dan kritis. Tujuan penelitian ini adalah melakukan 1). Pengembangan instrumen Domain Kognitif untuk mengukur Higher Order Thinking Skills (HOTS) bagi mahasiswa. 2). Kelayakan produk instrumen Domain Kognitif untuk mengukur Higher Order Thinking Skills (HOTS) berdasarkan hasil validasi oleh para pakar yang meliputi 9 dosen pakar ahli. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) menurut Borg and Gall melalui tahapan-tahapan potesi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk dan revisi produk. Kesimpulan yan diperoleh dari penelitian dan pengembangan ini adalah sebagai berikut: 1). Pengembangan instrumen Domain Kognitif untuk mengukur Higher Order Thinking Skills (HOTS) bagi mahasiswa prodi sains dilakukan dengan mengadaptasi dari metode Research and Development (R&D) menurut Borg and Gall yang telah diadopsi oleh Sugiono melalui tahapan-tahapan potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk dan revisi produk. 2). Kelayakan produk instrumen Domain Kognitif untuk mengukur Higher Order Thinking Skills (HOTS) berdasarkan hasil validasi oleh 9 dosen pakar ahli, ahli asesmen mendapati nilai dengan kategori “Sangat Layak”, ahli materi mendapat nilai dengan kategori “Sangat Layak”, ahli media mendapat nilai dengan kategori “Sangat Layak” Kata kunci: R&D, HOTS, Instrument Domain Cognitive

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: ADMIN LP2M
Date Deposited: 11 Apr 2019 06:16
Last Modified: 11 Apr 2019 06:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/6321

Actions (login required)

View Item View Item