IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEBAGAI PEMBENTUK KARAKTER (Penelitian pada SMK di Kabupaten Tulang Bawang Barat Provinsi Lampung)

MURWATI, M (2018) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEBAGAI PEMBENTUK KARAKTER (Penelitian pada SMK di Kabupaten Tulang Bawang Barat Provinsi Lampung). PhD thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.docx] PDF
Download (104kB)
[thumbnail of BAB I                                                                                            .doc] PDF
Download (245kB)
[thumbnail of BAB II.docx] PDF
Download (272kB)
[thumbnail of BAB III.docx] PDF
Download (40kB)
[thumbnail of BAB IV.docx] PDF
Download (326kB)
[thumbnail of BAB V.docx] PDF
Download (28kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.docx] PDF
Download (35kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.docx] PDF
Download (1MB)

Abstract

Manajemen pembelajaran adalah proses kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengevaluasian yang berkaitan dengan proses pembelajaran dengan mengikutsertakan berbagai faktor guna mencapai tujuan. Seorang guru PAI dituntut untuk dapat menyajikan pembelajaran yang lebih bermutu dan bermuatan nilai nilai pendidikan karakter. ditengah dekadensi moral. Dalam kondisi seperti ini manajemen pembelajaran yang dirancang oleh guru dapat menentukan kualitas pembelajaran dikelas. SMK Muhammadiyah Tumijajar dan SMKN 1 Tulang Bawang Tengah merupakan dua sekolah kejuruan swasta dan negeri yang besar di kabupaten Tulang Bawang Barat dengan peserta didik yang memiliki nilai niilai karakter religius, nasionalis, gotong royong, mandiri dan integritas yang baik. Hal ini sesuai dengan tuntutan Perpres no 87 tahun 2017 dan dengan amanat Kemendikbud tentang Penguatan Pendidikan Karakter Untuk itu dalam disertasi ini peneliti megambil penelitian denganl judul Implementasi Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Sebagai Pembentuk Karakter. Rumusan masalah penelitian ini adalahbagaimana perencanaan, pengorganisasian,pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang dilaksanakan oleh guru dalam mendukung pembentukan karakter peserta didik?Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara mendalam Implementasi manajemen pembelajaran Pendidikan Agama Islam sebagai pembentuk karakter yang dikembangkan di SMK Muhammadiyah Tumijajar dan SMKN 1 Tulang Bawang Tengah yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang memerlukan data primer dan sekunder tentang manjemen pembelajaran PAI dan karakter peserta didik yang dihimpun dari sumber data tenaga pendidik dan kependidikan terutama guru PAI. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pengumpulan data primer wawancara ,observasi dan didukung dengan dokumentasi. Adapun hasil penelitian yaitu: manajemen pembelajaran PAI di SMK Muhammadiyah Tumijajar dari aspek perangkat perencanaan dan evaluasi kurang maksimal namun kultur sekolah yang kondusif dan kemampuan manajerial kepala sekolah yang baik mendukung karakter yang baik. Manajemen pembelajaran di SMKN 1 Tulang Bawang Tengah cukup baik dalam semua aspekjkarakter peserta didik juga Temuan penelitian ini membawa implikasi bahwa penciptaan manajemen/ pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang dilaksanakan di SMKN I Tulang Bawang Tengah dan SMK Muhammadiyah Tumijajar yang bermuatan pembangunan karakter pada peserta didik, haruslah diawali dengan penciptaan berbagaikondisi sekolah yang kondusif. Dari hasil penelitian tentang manajemen pembelajaran dalam kaitannya dengan pendidikan karakter peserta didik, yaitu kognisi, afeksi dan psykomotor juga dalam taraf baik. Tiga hal yang perlu diciptakan di sekolah adalah manajemen pembelajaran,kultur sekolah dan kepemimpinan kepala sekolah .Kendatipun kedua variabel tersebut tidak secara langsung serta merta memiliki hubungan dengan proses pembelajaran di dalam kelas, akan tetapi penanaman nilai nilai pendidikan karakter sejatinya tidaklah hanya terjadi di dalam kelas.Manajemen pembelajaran yang baik dan budaya atau kultur sekolah dan kepemimpinan kepala sekolah yang demikian kondusif akan dapat diwujudkan manakala didukung oleh berbagai pihakyang berkaitan. Evaluasi pembelajaran dan upaya pembangunan karakter merupakan ihtiar yang sinergis, dalam beberapa aspek,. Hasil temuan ini membawa implikasi bahwa upaya pencerahan kepada semua pihak dari seluruh potensi yang ada di sekolah mengenai pembangunan karakter perlu dilakukan secaraterencana, sistematis, dan terpadu.

Item Type: Thesis (PhD)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Magister > S3 Program Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 04 Dec 2018 04:09
Last Modified: 04 Dec 2018 04:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/5137

Actions (login required)

View Item View Item