PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI TERMODINAMIKA

NADHIROH, NURAINI (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI TERMODINAMIKA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (4MB)

Abstract

Peserta didik diera abad 21 dihadapkan pada era globalisasi yang memerlukan life skill yang memadai. Life skill dibutuhkan dalam menghadapi permasalahan sehingga ditemukan solusi dan pemecahannya. Keterampilan pemecahan masalah berhubungan erat dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi atau higher order thinking skill (HOTS). Kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik dapat diakomodasi melalui kurikulum yang terdapat di dalam pendidikan dengan menerapkan pembelajaran yang bermakna. KTSP maupun kurikulum 2013 sebenarnya sudah memprioritaskan pembelajaran yang mengusung HOTS Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Materi Termodinamika dan mengetahui kelayakan terhadap Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Materi Termodinamika yang dikembangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan prosedur Sugiono. Validasi produk dilakukan oleh 4 validator dengan 2 validator ahli materi, 2 validator Ahli media dan penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Sukoharjo, SMAN 1 Adiluwih, MA Ma’arif Keputran dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI. Pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan observasi. Instrumen yang digunakan berupa angket yaitu skala penilaian untuk mengetahui kualitas LKPD yaitu menggunakan skala Likert dengan lima penilaian disusun dalam bentuk checklist daRi nilai terbesar dimulai dari 5 hingga terkecil 1. Berdasarkan hasil validasi yang dilakukan, hasil validasi ahli materi didapatkan hasil persentase sebesar 92% dengan kriteria Sangat Layak, dan ahli media didapatkan hasil persentase sebesar 100% dengan kriteria Sangat Layak. Kemudian bahan ajar di uji coba melalui 2 tahap yaitu uji coba kecil dan uji coba lapangan. Hasil rata-rata yang diperoleh yaitu 73% untuk uji coba kelompok kecil, 89% untuk uji coba lapangan di SMAN 1 Sukoharjo, SMAN 1 Adiluwih, MA Ma’arif Keputran, sehingga LKPD berbasis HOTS dari ketiga sekolah tersebut memiliki kriteria interpretasi sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Brama Sari
Date Deposited: 03 Dec 2018 02:22
Last Modified: 03 Dec 2018 02:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/5096

Actions (login required)

View Item View Item