EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE (NUMBERED HEAD TOGETHER) NHT BERBANTU LABORATORIUM VIRTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK

Trisnawati, Dwi (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE (NUMBERED HEAD TOGETHER) NHT BERBANTU LABORATORIUM VIRTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model Numbered Head Together (NHT) berbantu laboratorium virtual memberikan hasil belajar yang baik, ada tidaknya perbedaan hasil belajar fisika pada peserta didik yang memiliki keterampilan proses sains tinggi, sedang, rendah, ada tidaknya interaksi antara model pembelajaran dan keterampilan proses sains terhadap hasil belajar, dan model pembelajaran manakah yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian dilakukan di SMA N 8 Bandar Lampung, metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA SMA N 8 Bandar Lampung. Sampel pada penelitian ini menggunakan 2 kelas, yaitu kelas X MIPA1 sebagai kelas eksperimen, dan kelas X MIPA2 sebagai kelas kontrol. Instrument dalam penelitian ini mennggunakan tes berupa soal uraian untuk hasil belajar dan non tes berupa lembar observasi untuk keterampilan proses sains. Analisis data pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan analisis variansi dua jalan. Berdasakan hasil penelitian yang dihitung dengan analisis variansi dua jalan, dengan taraf signifikan 5%. Dari analisis uji hipotesis menunjukkan bahwa diperoleh nilai yang sig 0,001, nilai sig 0,001 < 0,05 ini menunjukkan bahwa model Numbered Head Together (NHT) berbantu laboratorium virtual memberikan hasil belajar yang baik, dan diperoleh nilai yang sig= 0,009, dimana 0,009 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa keterampilan proses sains tinggi, sedang, rendah berpengaruh terhadap hasil belajar, serta diperoleh nilai sig= 0,246, dimana 0,246 > 0,05 sehingga tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan keterampilan proses sains terhadap hasil belajar, kemudian keefektifan diketahui dengan menggunakan uji effect size yaitu memperoleh nilai d = 0,45, kemudian hasil ini diinterpretasikan dengan menggunakan tabel effect size diperoleh bahwa model NHT berbantu laboratorium ini mempengaruhi hasil belajar peserta didik sebanyak 66%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model NHT berbantu laboratorium virtual memberikan hasil belajar yang baik, terdapat perbedaan hasil belajar fisika antara keterampilan proses sains tinggi, sedang dan rendah, tidak ada interaksi antara model pembelajaran dengan keterampilan proses sains terhadap hasil belajar dan model NHT berbantu laboratorium virtual efektif dalam meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Brama Sari
Date Deposited: 03 Dec 2018 02:10
Last Modified: 03 Dec 2018 02:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/5092

Actions (login required)

View Item View Item