PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK TERINTEGRASI AYAT-AYAT AL-QUR’AN PADA MATERI SUHU DAN PERUBAHANNYA

NURWAHIDAH, SITI (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK TERINTEGRASI AYAT-AYAT AL-QUR’AN PADA MATERI SUHU DAN PERUBAHANNYA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; 1) mengetahui cara pengembangan media pembelajaran pop-up book terintegrasi ayat-ayat Al-Qur’an pada materi suhu dan perubahannya; 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran pop-up book terintegrasi ayat-ayat Al-Qur’an pada materi suhu dan perubahannya; 3) mengetahui respon peserta didik terhadap media pembelajaran pop-up book terintegrasi ayat-ayat Al-Qur’an pada materi suhu dan perubahannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Reasearch and Development) dengan menggunakan model ADDIE. Penelitian dilakukan sampai tahap keempat yaitu analysis, design, development, dan implementation. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik di SMP Negeri 3 Jatiagung, SMP Al-Huda Jatiagung dan SMP Amal Bakti Jatiagung. Data penelitian diperoleh dari hasil wawancara, angket respon pendidik dan peserta didik, angket validasi ahli media, ahli materi dan ahli agama. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran pop-up book terintegrasi ayatayat Al-Qur’an pada materi suhu dan perubahannya. Kualitas media pembelajaran pop-up book berdasarkan hasil penilaian ahli media mendapatkan persentase rata-rata sebesar 80,5% dalam kategori layak, penilaian ahli materi mendapat persentase ratarata 85,6% dalam kategori sangat layak, penilaian ahli agama mendapat persentase rata-rata 88% dalam kategori sangat layak, penilaian pendidik dari tiga sekolah mendapatkan penilaian persentase rata-rata 82,35% dalam kategori sangat menarik, serta respon peserta didik ditiga sekolah pada ujicoba kelompok kecil mendapatkan rata-rata 81,2% dalam kategori sangat menarik, dan respon peserta didik pada ujicoba lapangan mendapatkan persentase rata-rata 84,8% dengan kategori sangat menarik. Berdasarkan penilaian dari ahli media, ahli materi, ahli agama, serta respon pendidik dan peserta didik maka dapat disimpulkan bahwa pop-up book terintegrasi ayat-ayat Al-Qur’an pada materi suhu dan perubahannya layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Drs Elzondry Azly
Date Deposited: 22 Nov 2018 02:19
Last Modified: 22 Nov 2018 02:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3954

Actions (login required)

View Item View Item