PENGARUH METODE PICTORIAL RIDDLE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN1 SEPUTIH AGUNG PADA POKOK BAHASAN GETARAN DAN GELOMBANG

Febriyanti, Nanda (2018) PENGARUH METODE PICTORIAL RIDDLE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN1 SEPUTIH AGUNG PADA POKOK BAHASAN GETARAN DAN GELOMBANG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf]
Preview
PDF
Download (58MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berlatang belakang adanya pendidik yang kurang tepat dalam memilih model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perngaruh model pembelajaran Pictorial Riddle terhadap hasil belajar materi getaran dan gelombang. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperiment dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN1 Seputih Agung Lampung Tengah dengan sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yang diperoleh menggunakan teknik Cluster Random Sampling yakni kelas eksperimen (VIII IPA E) dan kelas kontrol (VIII IPA C). Teknik pengumpulan data yaitu instrumen tes (pretest dan postest). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil uji-t dengan taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa thitung = 5,036 > ttabel = 2,01, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Pictorial Riddle untuk meningkatkan hasil belajar. Hasil analisis data dengan Effect Size diperoleh nilai sebesar 0,1827 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa menggunakan metode pembelajaran Pictorial Riddle lebih efektif dibandingkan menggunakan metode pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 16 May 2018 07:41
Last Modified: 16 May 2018 07:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3606

Actions (login required)

View Item View Item