PENGARUH WORD OF MOUTH DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi pada Mie Gacoan cabang Diponegoro Bandar Lampung)

INKA, CORLITA (2024) PENGARUH WORD OF MOUTH DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi pada Mie Gacoan cabang Diponegoro Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK INKA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Keputusan pembelian merupakan faktor yang sangat penting dalam bisnis kuliner. Konsumen dalam memilih makanan pasti melihat dari beberapa faktor seperti rekomendasi dari orang lain dan citra merek dari makanan tersebut, jika konsumen mendapatkan rekomendasi yang positif dari orang lain dan juga memiliki citra merek yang baik maka hal tersebut dapat mendorong konsumen untuk melakukan keputusan pembelian. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, apakah Word Of Mouth dan Brand Image berpengaruh terhadap keputusan pembelian Mie Gacoan cabang Diponegoro Bandar Lampung? Bagaimana pengaruh Word Of Mouth dan Brand Image terhadap keputusan pembelian Mie Gacoan cabang Diponegoro yang dikaji dalam prespektif bisnis Islam. Tujuan dari penelitian ini yaitu, untuk mengetahui pengaruh Word Of Mouth dan Brand Image terhadap keputusan pembelian Mie Gacoan cabang Diponegoro Bandar Lampung. Dan juga ditinjau dari perspektif bisnis Islam. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif, populasi dalam penelitian ini yaitu konsumen Mie Gacoan cabang Diponegoro Bandar Lampung. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 96 orang yang pernah membeli Mie Gacoan cabang Diponegoro Bandar Lampung. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model SEM dengan menggunakan SmartPLS versi 4.0. Hasil penelitian ini yaitu Word Of Mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Mie gacoan cabang Diponegoro Bandar Lampung. Brand Image berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian Mie Gacoan cabang Diponegoro Bandar lampung. Perspektif bisnis Islam mengenai Word Of Mouth dan Brand Image terhadap keputusan pembelian yang diterapkan di Mie Gacoan Diponegoro sudah sesuai dengan perspektif binis Islam, Mie Gacoan Diponegoro selalu mengimplementasikan dan menerapkan sifat- sifat Rasulullah SAW dalam setiap kegiatan produksinya yakni dengan mengedepankan sifat shidiq, amanah, fatanah dan tabligh.Mie Gacoan Diponegoro mengutamakan sifat kepercayaan dan transparasi, etika dalam berbisnis serta kualitas dan keadilan. Kata kunci : Word Of Mouth, Brand Image, Keputusan Pembelian. ABSTRACT Purchasing decisions are a very important factor in the culinary business. Consumers in choosing food must see from several factors such as recommendations from other people and the brand image of the food, if consumers get positive recommendations from other people and also have a good brand image, this can encourage consumers to make purchasing decisions. The formulation of the problems in this study are, do Word Of Mouth and Brand Image affect the purchasing decision of Mie Gacoan, Diponegoro branch, Bandar Lampung? How does the influence of Word Of Mouth and Brand Image on purchasing decisions for the Diponegoro branch of Gacoan Noodles studied in the perspective of Islamic business. The purpose of this study was, to determine the effect of Word Of Mouth and Brand Image on purchasing decisions for Gacoan Noodles, Diponegoro branch, Bandar Lampung. And also reviewed from an Islamic business perspective. This research is Quantitative research, the population in this study were consumers of Mie Gacoan, Diponegoro branch, Bandar Lampung. The sample used in this study were 96 people who had bought Mie Gacoan, Diponegoro branch, Bandar Lampung. Sampling using purposive sampling. Data collection using questionnaires and interviews. The data analysis technique used in this research is the SEM model using SmartPLS version 4.0. The results of this study are Word Of Mouth has a positive and significant effect on purchasing decisions for Mie Gacoan, Diponegoro Bandar Lampung branch. Brand Image has a positive and insignificant effect on purchasing decisions for Gacoan Noodles, Diponegoro branch, Bandar Lampung. The Islamic business perspective regarding Word Of Mouth and Brand Image on purchasing decisions implemented at Mie Gacoan Diponegoro is in accordance with the perspective of Islamic business, Mie Gacoan Diponegoro always implements and applies the traits of the Prophet Muhammad in every production activity, namely by prioritizing the traits of shidiq, amanah, fatanah and tabligh.Mie Gacoan Diponegoro prioritizes trust and transparency, ethics in business and quality and justice. Keywords: Word Of Mouth, Brand Image, Purchasing Decisions.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Jul 2024 03:32
Last Modified: 23 Jul 2024 03:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34049

Actions (login required)

View Item View Item