PENGARUH PRODUCT BUNDLING DAN FITUR SHOPEE LIVE STREAMING TERHADAP MINAT BELI CUSTOMER PADA PRODUK SOMETHINC DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Mahasiswa FEBI Angkatan 2020/2021 Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)

Komala, Zurni (2024) PENGARUH PRODUCT BUNDLING DAN FITUR SHOPEE LIVE STREAMING TERHADAP MINAT BELI CUSTOMER PADA PRODUK SOMETHINC DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Mahasiswa FEBI Angkatan 2020/2021 Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of KOMALA_ZURNI_SKRIPSI_1-5 135.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of KOMALA_ZURNI_SKRIPSI_1-5_fulll.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Berkembangnya teknologi yang semakin pesat membuat masyarakat sadar untuk memperhatikan dan merawat kulit guna menunjang penampilan agar lebih cantik dan menarik. Pertumbuhan pangsa pasar industri kecantikan dari Tahun 2010-2023 dan pada Tahun 2022 brand somethinc menduduki peringkat pertama produk terlaris di e-commerce, oleh karena itu peneliti mengambil studi pada somethinc karena ingin mengetahui kenapa masyarakat membeli produk somethinc. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Apakah product bundling dan live streaming memiliki pengaruh signifikan terhadap terhadap minat beli customer dan serta bagaimana pandangan product bundling dan fitur shopee live streaming dalam perspektif bisnis Islam. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar data kuesioner kepada mahasiswa FEBI Angkatan 2020/2021 pengguna produk somethinc melalui google form. Sampel pada penelitian ini berjumlah 99 responden dengan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Data primer didapatkan melalui penyebaran kuesioner dan observasi, sedangkan data sekunder didapatkan melalui dokumen-dokumen yang menunjang penelitian ini. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunkana IBM SPSS versi 18. Berdasarkan penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa product bundling berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat beli customer pada produk somethinc. Variabel live streaming berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat beli customer produk somethinc. Serta dalam perspektif bisnis Islam pihak produk somethinc sudah menyediakan fasilitas kenyamanan, pelayanan, dan prinsip transparansi. Kata Kunci: Product Bundling, Live streaming, Minat Beli Customer. ABSTRACT The increasingly rapid development of the world of technology has made people aware of paying attention to and caring for their skin in order to make their appearance more beautiful and attractive. From the data, there is high growth in the market share of the beauty industry from 2010-2023 and in 2022 the Somethinc brand will be ranked first in the best-selling products in e-commerce, therefore researchers took a study on SomeThnc because they wanted to know why people buy SomeThinc product. The formulation of the problem in this research is whether product bundling and live streaming have a significant influence on customer buying interest and views from an Islamic business perspective. This research uses quantitative methods. Data collection was carried out by distributing questionnaire data to FEBI Class 2020/2021 students using somethinc products via Google form. The sample in this study consisted of 99 respondents with data collection techniques in this study using primary and secondary data. Primary data was obtained through distributing questionnaires and observations, while secondary data was obtained through documents that support this research. Data processing in this research used IBM SPSS version 18. Based on research conducted, it shows that product bundling has a positive and significant effect on customer buying interest in certain products. The live streaming variable has a positive and significant effect on interest in purchasing certain products. And from an Islamic business perspective, somethinc products provide comfort facilities, service and the principle of transparency. Keywords : Product Bundling, Live streaming, Customer Purchase Interest.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Jun 2024 02:50
Last Modified: 26 Jun 2024 02:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33679

Actions (login required)

View Item View Item