PENGARUH PERSEPSI KEAMANAN DAN PRIVASI TERHADAP KEPERCAYAAN KONSUMEN DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DITINJAU DARI PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pengguna E-Wallet DANA di Ayam Geprek King Bandar Lampung)

Intan, Ferdina Pratiwi (2023) PENGARUH PERSEPSI KEAMANAN DAN PRIVASI TERHADAP KEPERCAYAAN KONSUMEN DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DITINJAU DARI PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pengguna E-Wallet DANA di Ayam Geprek King Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI INTAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Teknologi mempunyai peran penting salah satunya untuk mempermudah masyarakat dalam sektor keuangan dengan timbulnya kebiasaan baru dalam peralihan bertransaksi tunai menjadi non tunai. DANA merupakan salah satu e-wallet karya anak bangsa yang berdiri di bawah PT. Espay Debit Indonesia Koe. Munculnya berbagai resiko bertransaksi melalui online membuat konsumen enggan untuk menggunakan aplikasi tersebut dikarenakan mengharuskan untuk memasukkan data pribadi ke dalam sistem informasi untuk mendapatkan fasilitas yang ada pada aplikasi tersebut. Hal ini dikarenakan kemungkinan adanya penyalahgunaan informasi yang diberikan oleh konsumen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan populasi yang digunakan yaitu seluruh konsumen ayam geprek king Bandar Lampung. Ukuran sampel berjumlah 96 orang digunakan dengan rumus Lemeshow, dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS versi 26. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa variabel persepsi keamanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan konsumen ayam geprek king yang mengunakan DANA sebagai alat transaksinya. Variabel privasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan konsumen ayam geprek king yang mengunakan DANA sebagai alat transaksinya. Kepuasan pada persepsi keamanan berpengaruh terhadap kepercayaan konsumen ayam geprek King Bandar Lampung. Kepuasan pada privasi berpengaruh terhadap kepercayaan konsumen ayam geprek King Bandar Lampung. Dallalm perspektilf bilsnils ILslalm kealmalnaln e-walllet DALNAL berjallaln dengaln balilk. Hall ilnil diltunjukaln dengaln dilteralpkalnnyal prilnsilp etilkal bilsnils Islam yaliltu prilnsilp keseilmbalngaln, prinsip keterbukaan, dan prinsip kebijakan. Kata Kunci : Persepsi Keamanan, Privasi, Kepercayaan Konsumen, Kepuasan Konsumen. ABSTRACT Technology has an important role, one of which is to make things easier for people in the financial sector by emerging new habits in the transition from cash to non-cash transactions. DANA is one of the e-wallets created by the nation's children which was founded under PT. Espay Debit Indonesia Koe. The emergence of various risks in online transactions makes consumers reluctant to use the application because it requires them to enter personal data into the information system to get the facilities available in the application. This is due to the possibility of misuse of information provided by consumers. This research uses quantitative research methods with the population used, namely all consumers of Bandar Lampung king geprek chicken. The sample size of 96 people was used using the Lemeshow formula, with the sampling technique used, namely purposive sampling technique. The data sources used are primary data sources and secondary data sources. Data collection uses observation, questionnaires and documentation. This research uses the SPSS version 26 application. The results of this research show that the security perception variable has a positive and significant effect on the trust of king geprek chicken consumers who use DANA as a transaction tool. The privacy variable has a positive and significant effect on the trust of king geprek chicken consumers who use DANA as a transaction tool. Satisfaction with perceived safety influences consumer confidence in King Bandar Lampung fried chicken. Satisfaction with privacy influences consumer confidence in King Bandar Lampung geprek chicken. In the future, DANA e-wallet security is running smoothly. The Islamic Hall is indicated by the Islamic legal principles, namely the principles of balance, the principle of openness, and the principles of policy. Keywords: Perception of Security, Privacy, Consumer Trust, Consumer Satisfaction.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Dec 2023 03:31
Last Modified: 19 Dec 2023 03:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31652

Actions (login required)

View Item View Item