PENGARUH PERCEIVED QUALITY DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE DALAM PRESPEKTIF BISNIS SYARIAH ( Studi Pada Pengguna Smartphone di kelurahan Way Dadi, Kecamatan Sukarame, Kota Bandar Lampung)

AMALIA, NURUL RAHMA (2023) PENGARUH PERCEIVED QUALITY DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE DALAM PRESPEKTIF BISNIS SYARIAH ( Studi Pada Pengguna Smartphone di kelurahan Way Dadi, Kecamatan Sukarame, Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI AMALIA NURUL RAHMA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Perceived quality adalah persepsi pelanggan terhadap keseluruhan kualitas atau keunggulan dari suatu produk yang berkaitan dengan apa yang diharapkan oleh pelanggan. Sedangkan gaya hidup adalah pola hidup seseorang di dunia yang di ekspresikan dalam kegiatan sehari-hari, minat dan keadaan sosial. masih banyaknya hasil penelitian bahwasanya seseorang ketika akan memilih suatu produk di dasari dengan perceived quality merek tersebut dan juga hanya untuk menunjang gaya hidupnya. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan secara kuantitatif. Data yang di gunakan adalah data primer yaitu dengan menyebar kuesioner secara Online dengan menggunakan google form. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna smartphone di Kelurahan Way Dadi, Kecamatan Sukarame, Kota Bandar Lampung yang jumlahnya tidak di ketahui. Sampel yang di gunakan yaitu 100 orang responden dan di ambil dengan cara non probability sampling dengan metode purposive sampling. Adapun kriteria yang digunakan dalam menentukan sampel pada penelitian ini yaitu masyarakat yang tinggal di Kelurahan Way Dadi, Kecamatan Sukarame, Kota Bandar Lampung dan yang menggunakan smartphone. Dengan bantuan alat uji Smart PLS3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) variabel perceived quality (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan nilai t-statistik 4.312 > 1.96 dan nilai P-Values 0.000 < 0.05. Hal tersebut menunjukkan bahwa hipotesis 1 di terima. (2) variabel gaya hidup(X2) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan nilai t-statistik 10.190 > 1.96 dan nilai P-Values 0.000 < 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis 2 di terima. Dalam perspektif bisnis syariah perceived quality bahwa seorang konsumen dianjurkan untuk tidak berprasangka buruk. Akan tetapi, untuk menghindari hal yang tidak di inginkan supaya lebih berhati-hati dan antisipasi. Gaya Hidup dalam perspektif bisnis syariah Allah memerintahkan agar manusia memenuhi kebutuhannya secara sederhana, yaitu memenuhi kebutuhan pola hidupnya dengan wajar. Kata kunci : perceived quality, Gaya Hidup, Keputusan Pembelian. ABSTRACT Perceived quality is the customer's perception of the overall quality or superiority of a product in relation to what the customer expects. Meanwhile, lifestyle is a person's pattern of living in the world which is expressed in daily activities, interests and social circumstances. There are still many research results that show that when someone chooses a product it is based on the perceived quality of the brand and also only to support their lifestyle. This research uses a quantitative approach method. The data used is primary data, namely by distributing questionnaires online using Google Form. The population in this study is smartphone users in Way Dadi Village, Sukarame District, Bandar Lampung City, the number of which is unknown. The sample used was 100 respondents and was taken using non-probability sampling with a purposive sampling method. The criteria used in determining the sample in this research were people who live in Way Dadi Village, Sukarame District, Bandar Lampung City and who use smartphones. With the help of the Smart PLS3 test tool. The results of this research show that: (1) the perceived quality variable (X1) has a positive and significant effect on purchasing decisions (Y) with a t-statistic value of 4,312 > 1.96 and a P-Values value of 0.000 < 0.05. This shows that hypothesis 1 is accepted. (2) the lifestyle variable (X2) has a positive and significant influence on purchasing decisions (Y) with a t-statistic value of 10,190 > 1.96 and a P-Values value of 0.000 < 0.05. This shows that hypothesis 2 is accepted. In the sharia business perspective, perceived quality means that a consumer is advised not to have negative prejudices. However, to avoid unwanted things, be more careful and anticipate. Lifestyle from a sharia business perspective, Allah commands humans to fulfill their needs simply, namely fulfilling their lifestyle needs in a reasonable manner. Keywords: perceived quality, Lifestyle, Purchasing Decisions.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Nov 2023 07:23
Last Modified: 29 Nov 2023 07:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31295

Actions (login required)

View Item View Item