PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 9 BANDAR LAMPUNG PADA POKOK BAHASAN GERAK

FITRIYANA, F (2018) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 9 BANDAR LAMPUNG PADA POKOK BAHASAN GERAK. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (44MB)

Abstract

Keterampilan proses sains peserta didik yang sangat diperlukan pada saat ini, sebagai salah satu kompetensi yang harus dipelajari dalam mata pelajaran fisika. Namun dengan demikian, dalam pembelajaran fisika yang terdapat di sekolah belum banyak memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan keterampilan ini, berdasarkan hasil wawancara peneliti dengan guru mata pelajaran fisika SMPN 9 Bandar Lampung, menunjukkan pendidik masih menggunakan metode ceramah, dan keterampilan proses sains siswa masih kurang, peserta didik masih menganggap fisika itu sulit, dilihat berdasarkan nilai hasil belajar peserta didik masih banyak yang mendapat nilai di bawah KKM. Salah satu upaya untuk mengingkatkan keterampilan proses siswa yaitu dengan penerapan model pembelajaran PBL. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL terhadap keterampilan proses sains peserta didik kelas VII SMPN 9 Bandar Lampung pada pokok bahasan gerak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen, populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMPN 9 Bandar Lampung, teknik pengambilan sampel menggunakan cluster sampling, yang terdiri dari satu kelas eksperimen yaitu kelas VII. D dan satu kelas kontrol yaitu kelas VII. A. Instrumen keterampilan proses sains berupa instrumen yang telah diuji validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukarannya. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Quasi Eksperiment Desains, dengan metode tes 9 soal uraian dan lembar observasi keterampilan proses sains peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data uji-t pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh kesimpulan t hitung > t tabel yaitu 3,17 > 1,99 H0 ditolak. Sehingga H1 diterima yang berarti bahwa terdapat keterampilan proses sains dengan menggunakan model PBL dan metode konvesional. Kesimpulan pada penelitian ini adalah model pembelajaran PBL berpengaruh terhadap keterampilan proses sains peserta didik kelas VII SMPN 9 Bandar Lampung pada pokok bahasan gerak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Drs Elzondry Azly
Date Deposited: 02 Feb 2018 02:33
Last Modified: 02 Feb 2018 02:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3127

Actions (login required)

View Item View Item