TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP PRAKTIK TERM OF PAYMENT DALAM JUAL BELI BAHAN MATERIAL PADA PEMBANGUNAN RUMAH SAKIT (Studi di Rumah Sakit Yukum Medical Centre Yukum Jaya Kecamatan Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah)

RIKA, YULIZA (2023) TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP PRAKTIK TERM OF PAYMENT DALAM JUAL BELI BAHAN MATERIAL PADA PEMBANGUNAN RUMAH SAKIT (Studi di Rumah Sakit Yukum Medical Centre Yukum Jaya Kecamatan Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Rika_Yuliza_1921030300_Full_Skripsi_cover&bab(1).pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Rika_Yuliza_1921030300_Full_Skripsi_cover&bab(1).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang dari skripsi ini yaitu tentang akad jual beli pada sistem pembayaran term of payment (jangka waktu pembayaran) atau tempo. Salah satunya transaksi dalam praktik jual beli yang terjadi di Rumah Sakit Yukum Medical Centre. Dalam praktiknya transaksi jual beli ini sudah sesuai, akan tetapi tidak terlaksana dengan baik yaitu tidak sesuainya tempo pembayaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana praktik term of payment dalam akad jual beli bahan material pada pembangunan Rumah Sakit YMC dan bagaimana tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap praktik term of payment dalam akad jual beli bahan material pada pembangunan Rumah Sakit YMC. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik term of payment dalam akad jual beli bahan material pada pembangunan Rumah Sakit YMC dan untuk mengetahui tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap praktik term of payment dalam akad jual beli bahan material pada pembangunan Rumah Sakit YMC. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melalui, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif analisis menggunakan pola berfikir induktif. Informan penelitian ini adalah supplier bahan material dan kepala prasarana Rumah Sakit YMC. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada praktiknya, dengan menggunakan sistem pembayaran term of payment mempermudahkan pihak Rumah Sakit YMC dalam melakukan transaksi dengan pernjanjian tempo 3 sampai 7 hari. Namun, sistem pembayarannya belum sepenuhnya terlaksana dengan baik, di mana kepala prasarana tidak menjelaskan bahwa adanya sistem pembayaran dari Rumah Sakit YMC yaitu dilakukan 2 kali pembayaran yaitu tanggal 15 dan tanggal 30 setiap bulannya. Berdasarkan tinjauan hukum ekonomi syariah tentang praktik term of payment dalam akad jual beli bahan material pada pembangunan Rumah Sakit YMC tersebut sah dan tidak dilarang, karena walaupun ada syarat akad dan jual beli tempo yang belum terpenuhi, akan tetapi sudah sesuai dengan prinsip-prinsip jual beli dan jual beli tempo dalam hukum ekonomi syariah, yaitu adanya suka sama suka, saling percaya dan yang terpenting adanya ridha dari pihak supplier pada saat melakukan akad transaksi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Sep 2023 04:00
Last Modified: 27 Sep 2023 04:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30410

Actions (login required)

View Item View Item